RINGKASAN SEPEKAN

Romahurmuziy, Syahrini, hingga Lion Air

Kolase Rinaldy Yunardi, Lion Air, Romy, teroris Berau, tersangka KPK dan ilustrasi surat suara.
Kolase Rinaldy Yunardi, Lion Air, Romy, teroris Berau, tersangka KPK dan ilustrasi surat suara. | Robotorial /beritagar.id & Antara Foto

Berita tentang korupsi seakan tak ada habis-habisnya. Pekan lalu ditutup dengan penangkapan Ketua PPP Romahurmuziy karena diduga menerima suap terkait seleksi pejabat di Kementerian Agama. Kasus itu menjalar dan beritanya menyambung hingga pekan ini.

Selain itu kabar tentang pernikahan Reino Barack-Syahrini belum ada ujungnya. Perancang Rinaldy Sunardi, yang terlibat dalam persiapan pernikahan itu, membeberkan apa yang terjadi di balik layar.

Kasus kecelakaan Lion Air Boeing 737 MAX 8 bernomor registrasi PK-LQP muncul lagi karena rentetan kecelakaan yang sama di Ethiopia.

Berita hoaks soal Pemilu masih ada terus. Kali ini tersangkanya datang dari Sumatera Utara. Tersangka UR menyebarkan hoaks suara tercoblos. Dia menggunakan akun Facebook palsu dan selalu berganti-ganti. Tapi akhirnya tetap tertangkap.

Berikut kami ringkasan enam berita populer pada pekan ketiga Maret ini:

KNKT benarkan kepanikan di kokpit, tapi bantah kebocoran kotak hitam

Foto ilustrasi. Pesawat Lion Air parkir di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (17/2/2019).
Foto ilustrasi. Pesawat Lion Air parkir di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (17/2/2019). | Jessica Helena Wuysang /Antara Foto

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membenarkan ada kepanikan di dalam kabin kokpit pesawat Lion Air JT610 sebelum jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat, pada 29 Oktober 2018. Dalam jumpa pers untuk mengklarifikasi berita dua media internasional, Kamis (21/3/2019) di kantornya, KNKT membantah isi kotak hitam sudah bocor.

Kantor berita Reuters, Rabu (20/3/2019), secara eksklusif memberitakan bahwa pilot Lion Air Boeing 737 MAX 8 bernomor registrasi PK-LQP itu sedang mencari solusi lewat buku panduan, sesaat sebelum pesawat rute Jakarta-Tanjung Pinang bermuatan total 189 penumpang itu jatuh.

Baca selengkapnya di sini.

Rinaldy Yunardi: Syahrini ingin menikah seperti perempuan biasa

Rinaldy Yunardi di ruang pamer asesorisnya kawasan Penjaringan, Jakarta, Senin (17/3/2019).
Rinaldy Yunardi di ruang pamer asesorisnya kawasan Penjaringan, Jakarta, Senin (17/3/2019). | Bismo Agung /Beritagar.id

Rinaldy Yunardi, perancang yang terlibat dalam pernikahan Reino Barack-Syahrini, sempat merevisi rancangan siger untuk Syahrini. "Incess orangnya perfeksionis. Dia tahu letak kurangnya di mana. Bahkan sampai soal lengkungan aksesorinya itu. Detail," kata Rinaldy.

Rinaldy menyebut, Syahrini tahu dia jadi perbincangan di media sosial saat sedang menikah itu, tapi dia itu cuek, tak mau komentar, dan pernah balas bully-an. "Malah bilang ke saya, aduh biarkan saja, nanti juga diam. Tapi sedih sih pasti. Manusia mana yang enggak sedih ketika di-bully".

Baca wawancara selengkapnya di sini.

Tujuh petinggi parpol yang kesandung korupsi

Ketum PPP Romahurmuziy mengenakan rompi tahanan seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3/2019).
Ketum PPP Romahurmuziy mengenakan rompi tahanan seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3/2019). | Indrianto Eko Suwarso /Antara Foto

Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy alias Romy ditangkap Jumat pekan lalu di Surabaya, Jawa Timur, memperpanjang daftar petinggi parpol yang doyan mengembat duit rakyat. Entah itu ketua umum atau sekretaris jenderal.

Suryadharma Ali, yang juga Ketua Umum PPP, dihukum 16 tahun penjara karena merugikan negara Rp27,28 miliar dan 17,9 juta riyal Saudi dalam penyelenggaraan ibadah haji 2010 hingga 2013.

Lalu Luthfi Hassan Ishaaq, Presiden PKS juga dihukum penjara 16 tahun karena terbukti menerima suap Rp1,3 miliar terkait kepengurusan penambahan kuota impor daging sapi. Luthfi juga terbukti menyembunyikan kekayaan dan cuci uang.

Baca koruptor lainya di sini.

OTT Romy merembet ke Kemenag

Kakanwil Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin (kiri) dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi (tengah) mengenakan rompi tahanan usai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3/2019).
Kakanwil Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin (kiri) dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi (tengah) mengenakan rompi tahanan usai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3/2019). | Indrianto Eko Suwarso /Antara Foto

Operasi tangkap tangan (OTT) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romy bersama sejumlah orang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/3/2019) merembet ke Kementerian Agama.

Muafaq diduga memberi uang senilai Rp50 juta ke Romy, Jumat (15/3/2019) dan Haris diduga menyetor Rp250 juta ke Romy pada Rabu (6/2/2019).

Baca selengkapnya di sini.

Polisi ciduk penyebar hoaks surat suara 01 tercoblos

Foto ilustrasi. Pekerja melakukan penyortiran surat suara di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Malang, Jawa Timur, Senin (18/3/2019).
Foto ilustrasi. Pekerja melakukan penyortiran surat suara di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Malang, Jawa Timur, Senin (18/3/2019). | Ari Bowo Sucipto /Antara Foto

Polda Sumatra Utara (Sumut) menciduk seorang berinisial UR yang diduga menyebarkan hoaks soal surat suara yang sudah tercoblos. Coblosan itu terdapat pada bagian pasangan calon presiden-wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Penangkapan UR terjadi di Jawa Barat.

Namun, akun Facebook yang digunakan UR selama ini palsu dan selalu berganti-ganti. Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, mengungkapkan polisi harus bekerja keras menelusuri jaringan pertemanan UR di Facebook. Dari situ, petugas berusaha menjebaknya.

Baca selengkapnya di sini.

Remaja Berau tersangkut kasus terorisme JAD Sibolga

Foto ilustrasi pengakapan terduga teroris.
Foto ilustrasi pengakapan terduga teroris. | Sri Gunawan Wibisono /Beritagar.id

Detasemen Khusus Anti Teror 88 Mabes Polri membekuk pemuda tanggung asal Berau Kalimantan Timur (Kaltim), MZ (19) alias Abu Arkam, atas tuduhan terorisme. MZ ditangkap setelah menetap di rumah Rajis, ayah kandungnya di Tanjung Redeb, Berau.

"Dia baru saja 1,5 bulan menetap di Tanjung Redeb," kata Rajis saat dihubungi Beritagar.id, Kamis (21/3/2019). Rajis mengatakan, beberapa tahun terakhir anaknya ini menetap bersama mantan istrinya di Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca selengkapnya di sini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR