SOROTAN MEDIA

Rudiantara: PHK Bukalapak bukan sinyal gulung tikar

Menkominfo Rudiantara.
Menkominfo Rudiantara. | Puspa Perwitasari/ama /ANTARA FOTO

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara merasa perlu menjelaskan isu seputar Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di startup ekonomi digital Bukalapak. Ia mengaku diberitahu oleh manajemen, pada (11/9/2019) bahwa perusahaan tersebut memberhentikan 100 orang karyawan.

Menurut Rudiantara apa yang dilakukan manajemen Bukalapak adalah penataan internal yang biasa. Dari 2.600 karyawan, mengurangi 100 orang justru akan memicu pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia.

PHK di Buka Lapak tersebut sempat mengundang spekulasi bahwa kondisi bisnis unicorn lokal ini dalam bahaya.

Ringkasan

  • Perusahaan e-commerce Bukalapak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal terhadap para pegawainya.
  • Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menganggap wajar tindakan "penataan internal perusahaan " yang dilakukan oleh Bukalapak .
  • Rudiantara melihat, pemangkasan terjadi terhadap 100 karyawan dari total karyawan Bukalapak sebanyak 2.600 orang.
  • Ia pun membantah PHK karyawan di Bukalapak karena startup unicorn tersebut tengah mengalami perlambatan pertumbuhan.
  • Menurut Rudiantara dengan pertumbuhan Bukalapak , yang mencapai tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya, perampingan karyawan wajar dilakukan.
  • Ia juga mengaku sempat berbincang dengan pendiri Bukalapak mengenai besaran GMV (Gross Merchandise Value) atau nilai penjualan serta volume transaksi melalui platform aplikasi Bukalapak yang menyentuh 1 miliar dolar AS perbulan atau 12 miliar dolar AS per tahun.
  • Jadi ini penyesuaian strategi perusahaan bukan sinyal gulung tikar.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh cnbcindonesia.com dengan 9 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 5 pemberitaan. selanjutnya kontan.co.id dengan 4 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 17:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 6 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tempo.co dengan 247 interaksi, diikuti peringkat kedua cnbcindonesia.com dengan 86 interaksi. Selanjutnya kontan.co.id dengan 23 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR