SOROTAN MEDIA

Saat foto Prabowo di bandara internasional jadi gunjingan

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (tengah) bersama tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) memberikan keterangan kepada wartawan di kediamannya di Kertanegara, Jakarta, Rabu (8/5/2019).
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (tengah) bersama tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) memberikan keterangan kepada wartawan di kediamannya di Kertanegara, Jakarta, Rabu (8/5/2019). | Indrianto Eko Suwarso /Antara Foto

Foto calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, yang tengah berada di sebuah bandara di luar negeri ramai diperbincangkan pada Jumat (17/5/2019). Muncul gunjingan bahwa Prabowo "kabur" menjelang pengumuman hasil Pemilu 2019 yang akan dilakukan KPU pada Rabu (22/5).

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga sempat membantah dan menyatakan foto yang beredar adalah foto lama.

Namun kemudian juru bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak membenarkan bahwa mantan Danjen Kopassus itu memang ke luar negeri, tepatnya ke Brunei Darussalam untuk bertemu Sultan Hassanal Bolkiah pada Kamis (16/5/2019). Prabowo tidak menginap dan pulang ke Jakarta pada malam hari.

Atmosfer politik nasional yang tengah memanas menjelang pengumuman KPU ini membuat kabar kepergian Prabowo mendapat sorotan banyak media sepanjang Sabtu (18/5). Warganet pun riuh menanggapinya.

Ringkasan

  • Foto Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto sedang berada di bandara luar negeri, sempat beredar dan menggegerkan publik pada hari Jumat (17/5/2019).
  • Dalam foto tersebut, tampak Prabowo bersama Waketum Gerindra Sugiono dan Ustaz Sambo.
  • BPN sempat membantah dan menyatakan itu foto lama, tapi kemudian mengonfirmasi bahwa Prabowo tengah melawat ke Brunei Darussalam.
  • BPN menegaskan lawatan itu bukan kabur atau bermaksud meninggalkan Indonesia menyusul situasi politik nasional.
  • Imigrasi membenarkan Prabowo dan 12 orang lainnya terbang ke Brunei menggunakan pesawat pribadi pada Kamis (16/5) dan kembali ke Jakarta pada hari yang sama, pukul 20.12 WIB.
  • Sandiaga Uno menyatakan Prabowo sering berkunjung ke Brunei karena Sultan Bolkiah adalah teman kecilnya.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dan antaranews.com dengan 11 pemberitaan, diikuti peringkat kedua waspada.co.id dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 06:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 8 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 6054 sebaran, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 3390 sebaran. Selanjutnya viva.co.id dengan 2571 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR