SOROTAN MEDIA

Saham Facebook anjlok setelah mengumumkan Libra

Ilustrasi: Logo Facebook
Ilustrasi: Logo Facebook | Dado Ruvic /ANTARA FOTO/REUTERS

Saham Facebook Inc. turun 0,29% setelah mengumumkan Libra, mata uang digital (cryptocurrency) yang diinisiasinya. Uang kripto yang diprediksi bakal jadi pesaing bitcoin tersebut rencananya diluncurkan pada paruh pertama 2020.

Pada penutupan perdagangan Selasa 18 Juni 2019 waktu setempat, saham Facebook turun 0,29% ke level USD188,47. Padahal pada pembukaan perdagangan kemarin, saham Facebook sempat naik 1,5%.

Catatan perdagangan kemarin, menunjukkan saham Facebook dibuka di level USD194, dengan level tertinggi USD194 dan terendah USD187.

Analis menduga penurunan saham Facebook ini akibat sentimen negatif atas ambisi perusahaan tersebut masuk ke uang digital.

Ringkasan

  • Facebook akhirnya resmi mengumumkan mata uang digital miliknya, Libra.
  • Facebook tidak sendirian dalam mengembangkan Libra. Ada perusahaan lain seperti Visa, Mastercard, Uber, dan Andreessen Horowits yang berinvestasi masing-masing 10 juta dolar AS dalam proyek tersebut.
  • Layanan keuangan Libra memungkinkan pengguna untuk bertransaksi di jaringan jual beli uang mata uang kripto.
  • Facebook mengkalim Libra, bisa membantu mereka yang tak memiliki akses ke sistem perbankan tradisional, khususnya yang tinggal di negara berkembang.
  • Uniknya setelah mengumumkan uang kripto Libra, saham Facebook malah mengalami penurunan 0,29% ke level USD188,47.
  • Padahal pada pembukaan perdagangan kemarin, saham Facebook sempat naik 1,5%.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 7 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dan katadata.co.id dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 02:00 hingga 13:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 09:00 WIB dengan total 7 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh voaindonesia.com dengan 125 interaksi, diikuti peringkat kedua kompas.com dengan 82 interaksi. Selanjutnya viva.co.id dengan 51 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR