SOROTAN MEDIA

Sejumlah bangunan di Badung dan Jember rusak akibat gempa Bali

Tembok ruang kelas retak akibat gempa bumi di SD Negeri 8 Ungasan, Badung, Bali, Selasa (16/7/2019).
Tembok ruang kelas retak akibat gempa bumi di SD Negeri 8 Ungasan, Badung, Bali, Selasa (16/7/2019). | Fikri Yusuf /Antara Foto

Gempa bumi menggoyang Bali dan di sebagian provinsi di Jawa Timur (Jatim) pada Selasa (16/7/2019). Akibat gempa yang tidak berpotensi memicu tsunami tersebut, sejumlah bangunan di Bali dan berbagai kawasan di Jatim mengalami kerusakan.

Pada awal, gempa disebut memiliki magnitudo 6, tapi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam pemutakhiran data menyatakan gempa adalah magnitudo 5,8 yang berpusat di laut dengan jarak 80 km arah Selatan Negara, Jembrana, Bali, pada kedalaman 104 kilometer.

Ringkasan

  • Guncangan gempa dirasakan masyarakat terasa lumayan kuat sekitar 10 detik.
  • Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly mengatakan gempa ini tidak berkaitan dengan lindu di Halmahera Selatan, Maluku Utara, pada Minggu (14/7).
  • Gempa di Bali adalah akibat aktivitas pergeseran sesar (lempeng) Eurasia dan Indo-Australia. Total sembilan gempa susulan terjadi di Bali.
  • Dari gempa tersebut, 23 titik di Kabupaten Badung, Bali, dilaporkan mengalami kerusakan. Sementara di SD Negeri 11 Jimbaran, Badung, tampak genteng bangunan sekolah runtuh.
  • Plt Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung, I Wayan Wirya, menyampaikan ada seorang guru dan tiga siswa terluka akibat runtuhan genteng di SDN 1 Ungasan, Badung.
  • Sementara kerusakan yang paling banyak terjadi adalah material bangunan seperti genteng runtuh dan tembok retak ringan.
  • Sementara di Jember, Jatim, BPBD Kabupaten Jember menyebut data sementara ada kerusakan ringan dinding sejumlah ruangan di RSD dr Soebandi Jember, Puskesmas Ambulu, atap kelas SDN Sumbersalak 5 Ledokombo, dan satu rumah warga di Kecamatan Kencong.
  • Di Jember pula, atas kelas 4 MI Miftahul Ulum Mulyorejo, Kecamatan Silo juga runtuh akibat gempa.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 8 pemberitaan, diikuti peringkat kedua republika.co.id dengan 2 pemberitaan. selanjutnya tribunnews.com dengan 1 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 08:00 hingga 15:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 13:00 WIB dengan total 5 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh republika.co.id dengan 59 interaksi, diikuti peringkat kedua balipost.com dengan 36 interaksi. Selanjutnya antaranews.com dengan 13 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR