MEDIA SOSIAL

Sejumlah perusahaan konsisten manfaatkan Twitter

Ilustrasi. Platform media sosial Twitter.
Ilustrasi. Platform media sosial Twitter. | Tero Vesalainen /Shutterstock

Twitter mengumumkan 10 perusahaan yang konsisten manfaatkan platformnya untuk berinteraksi dengan konsumen dan warganet sepanjang semester-I 2019 dengan judul "10 Top Brand di Indonesia".

Interaksi berbagai perusahaan itu dengan konsumennya bahkan dilakukan secara real-time di Twitter. Intensitasnya dinilai dari unggahan video, ajakan yang melibatkan partisipasi aktif warganet, percakapan Twitter, dan pendekatan dengan komunitas daring.

"Banyak brand menggunakan Twitter secara konsisten sebagai platform untuk memperkuat kehadiran mereka di ranah digital, sekaligus menciptakan percakapan yang dapat membantu meningkatkan top of mind," ungkap Country Industry Head, Indonesia & Malaysia, Twitter Dwi Adriansah dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Jumat (2/8/2019).

Berdasarkan analisis, 10 perusahaan tersebut memanfaatkan empat metode untuk menjaga kedekatan digital dengan warganet di Twitter. Di antaranya mengunggah video, membalas cuitan warganet, meminta partisipasi warganet, dan menyasar komunitas warganet secara spesifik. (Detail 10 perusahaan bisa dilihat pada grafik di bawah ini.)

"Masyarakat Indonesia menggunakan Twitter untuk berinteraksi, mengikuti, serta mencari informasi tentang brand. Selain itu, mereka juga membentuk apa yang terjadi di Twitter dan hal inilah yang membuat Twitter unik," tandas Dwi.

Konsumsi video melalui Twitter di Indonesia sebut Dwi, pada semester-I 2019 naik 150 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dari hasil penelitian, cuitan dengan video dapat meningkatkan interaksi dengan pengguna di Twitter 10 kali lebih banyak dibandingkan cuitan tanpa video.

Perusahaan di Indonesia kini mulai berinvestasi dalam pembuatan video kreatif dan berkualitas untuk diunggah ke Twitter demi menjangkau warganet yang menjadi sasaran pasar perusahaan. Perusahaan juga menggunakan video untuk membagikan informasi dan edukasi.

Tak hanya itu, interaksi dengan warganet Twitter juga dinilai dari pemanfaatan tren yang sedang berlangsung di Indonesia oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Seperti Samsung Indonesia yang mengajak warganet membuat ulang (cover) klip video Blackpink berjudul "Kill This Love" dan mengunggahnya ke Twitter dengan ponsel mereka. Ponsel Samsung seri Galaxy A terbaru edisi khusus Blackpink menjadi iming-iming hadiah.

Secara pendekatan melalui tulisan, perusahaan-perusahaan tersebut dinilai intensif membalas percakapan dengan warganet Twitter. Interaksi tersebut dapat membangun kepercayaan antara warganet dengan perusahaan.

Dari sisi strategi dalam menyasar target pasar, Twitter menilai, perusahaan-perusahaan tersebut cenderung spesifik dalam mendekati komunitas yang ada.

"Penting bagi brand untuk berinteraksi dengan audiens mereka di Twitter agar bisa membantu meningkatkan relasi serta kepercayaan, yang pada akhirnya dapat membantu mencapai target atau objektif bisnis. Beberapa brand sudah aktif dengan konten always-on mereka sejak kuartal pertama 2019," terang Dwi.

Demografis warganet Twitter beragam dan dapat terdiri dari komunitas-komunitas yang berbasis minat. Oleh sebab itu, Twitter dapat menjadi salah satu sarana berkomunikasi antara perusahaan dengan komunitas sasaran terkait topik-topik terkini secara real time.

"Beberapa percakapan paling populer di Twitter di Indonesia terjadi secara real time yaitu seputar film-film terbaru, musik, olahraga, dan beragam isu terkait lingkungan," ujarnya.

Perusahaan terus berupaya "terlibat" dalam percakapan di Twitter seputar tren-tren terkini dan memanfaatkan momen-momen penting untuk menjangkau lebih banyak pengguna di Twitter yang influensial, seperti dilakukan Tiket.com (@tiket).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR