Sekolah calon kepala daerah dari PDIP

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (kiri) didampingi Menko PMK Puan Maharani (kedua kiri) saat meresmikan gedung baru DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat (1/6/2015)
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (kiri) didampingi Menko PMK Puan Maharani (kedua kiri) saat meresmikan gedung baru DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat (1/6/2015) | Hafidz Mubarak A./Antara

Menghadapi Pilkada Serentak 9 Desember 2015, PDIP punya cara sendiri mempersiapkan kadernya untuk menjadi calon kepala daerah. Pemenang pemilu 2014 itu membuat Sekolah Calon Kepala Daerah.

Sekolah di bekas kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan itu dibuka Ketua Umum PDIP Megawati, Minggu (28/6/2015). Sebanyak 137 calon kepala dan wakil kepala daerah dari 25 provinsi dan 99 kabupaten/kota yang sudah mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP untuk maju pilkada, menjadi siswanya.

"Kurikulum sudah disusun, mencakup aspek pemerintahan pro rakyat yang menyelesaikan masalah rakyat dengan cara gotong royong, politik legislasi dan anggaran, strategi membangun pemerintahan yang efektif, pemerintahan yang bebas dari korupsi, dan hal-hal berkaitan dengan strategi pemenangan pemilu," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

MetroTVnews, Sabtu 27 Juni 2015

Menurut Hasto, Sekolah Calon Kepala Daerah merupakan pilar yang penting untuk mewujudkan wajah politik yang membangun peradaban, politik yang berpihak pada rakyat Marhaen, dan politik yang mewujudkan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Megawati meminta para siswa untu berjuang sekuat tenaga untuk memenangi pilkada.

"Kami hanya merkomendasikan dan kalian yang berjuang mati-matian. Yang namanya partai itu yang mendorong dengan menggerakkan seluruh lapangan yang bisa kami lakukan," ucap Megawati.

"Masih mau maju atau tidak? karena masih ada hari-hari saya untuk mengganti," tambahnya.

Sindonews, Minggu 28 Juni 2015

Sekadar catatan pada pemilu legislatif tahun lalu, PDIP menang di 17 provinsi dari 33 provinsi yang ikut pemilu. Pada pilkada serentak tahun ini, di Jawa Tengah, PDIP menargetkan menang di 15 daerah dari 21 daerah yang menyelenggarakan pilkada.

Sedangkan di Jawa Timur targetnya sama, memenangi 15 daerah dari 19 daerah yang menyelenggarakan pilkada.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR