SOROTAN MEDIA

Setnov dipindah ke Gunung Sindur setelah kabur pelesiran

Warga binaan kasus korupsi Setya Novanto (tengah) mendengarkan ceramah saat melasanakan salat Idulfitri 1440 Hijriah di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/6/2019).
Warga binaan kasus korupsi Setya Novanto (tengah) mendengarkan ceramah saat melasanakan salat Idulfitri 1440 Hijriah di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/6/2019). | Novrian Arbi /Antara Foto

Terpidana kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto, terpaksa dipindahkan dari Lapas Sukamiskin di Bandung, Jawa Barat, setelah ketahuan kabur pelesiran pada Jumat (14/6/2019) pagi.

Setnov, sapaan akrabnya, sedang menjalani masa tahanan selama 15 tahun setelah divonis bersalah pada Mei 2018. Namun, mantan Ketua DPR RI ini beberapa kali membuat ulah.

Setnov yang juga pernah memimpin Partai Golkar ini sempat mengelabui publik dengan menempati sel palsu di Sukamiskin. Lalu pada September 2018, Setnov terpergok berada di area peristirahatan KM 97 Tol Purbaleunyi ke arah Jakarta; dan terakhir adalah keberadaan Setnov di sebuah kedai makanan minang di kawasan RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada 30 April 2019.

Ringkasan

  • Stenov dipindah ke Lapas Gunung Sindur di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (14/6) pukul 22.14 WIB.
  • Pemindahan dilakukan setelah Setnov terpergok berada di toko bahan bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung. Foto keberadaan Setnov di sana pun beredar luas di media sosial.
  • Dalam foto; Setnov tampak mengenakan kemeja lengan pendek, topi hitam, dan menggunakan masker setengah wajah. Saat berada di sana, Setnov didampingi seorang perempuan.
  • Soal bagaimana Setnov bisa berada di Padalarang berawal dari izin berobat dan rawat inap di RS Santosa di Bandung pada Rabu (12/6). Setnov dijadwalkan kembali ke Lapas Sukamiskin pada Jumat (14/6).
  • Saat akan meninggalkan rumah sakit, Setnov meminta izin membayar tagihan perawatan di lantai dasar. Ia pun turun dari kamar perawatan di lantai 8, tapi pengawal yang menunggu dan menyusul Setnov ke lantai dasar tak berhasil menemuinya.
  • Setnov berhasil ditemui berada di Padalarang pada Jumat (14/6) pukul 18.00 WIB.
  • Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Liberti Sitinjak, mengaku ada kelalaian dari para petugasnya. Liberti meminta maaf kepada publik.
  • Liberti mengatakan bakal memeriksa para bawahannya. Kepala Lapas Sukamiskin pun akan diminta bertanggung jawab karena Setnov tak akan bisa meninggalkan ruang tahanan tanpa izinnya.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 13 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 11 pemberitaan. selanjutnya medcom.id dengan 3 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 08:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 11 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh suara.com dengan 8498 interaksi, diikuti peringkat kedua tempo.co dengan 3415 interaksi. Selanjutnya tribunnews.com dengan 377 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR