SOROTAN MEDIA

Siapa mengawasi Dewan Pengawas KPK?

Ilustrasi: Sejumlah aktivis Saya Perempuan Anti Korupsi meletakkan bunga dalam aksi damai di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Ilustrasi: Sejumlah aktivis Saya Perempuan Anti Korupsi meletakkan bunga dalam aksi damai di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). | Aditya Pradana Putra/nz /ANTARA FOTO

Pembentukan Dewan Pengawas KPK (Dewas) menjadi butir alot dalam pembahasan revisi UU No.30/2002 tentang KPK oleh DPR dan pemerintah (17/9).

KPK sebagai bagian dari kekuasaan pemerintah, diawasi oleh DPR juga terkait persetujuan anggaran lembaga tersebut. Tetapi untuk persoalan etik dan penyadapan tidak bisa dilakukan DPR. Untuk itulah dibutuhkan Dewas.

Kedua pihak akhirnya menyepakati, untuk kali pertama 5 orang anggota Dewas, akan dipilih presiden. Selanjutnya menggunakan mekanisme yang sama dengan pimpinan KPK, yaitu melalui panitia seleksi.

Ringkasan

  • Rapat Kerja Badan Legislasi DPR RI dengan pemerintah terkait pembahasan revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK menyepakati bahwa Dewan Pengawas KPK akan dipilih oleh Presiden.
  • Dia menjelaskan mayoritas fraksi telah sepakat terkait konsep keberadaan Dewas KPK dan ada sejumlah fraksi yang masih membutuhkan konsultasi terkait hal tersebut.
  • Menurut Menkumham Yasonna Laoly, Dewas itu bagian internal di dalam tubuh KPK itu sendiri.
  • Kriteria Dewas KPK tidak boleh berasal dari parpol, memiliki rekam jejak yang baik, usia minimal 55 tahun.
  • Dewas KPK akan memiliki kewenangan seperti memberikan dan tidak memberikan izin untuk penyadapan, membuat kode etik pegawai KPK, dan mengawasi kinerja pimpinan KPK.
  • Namun menurut dia, Dewas KPK tidak punya wewenang mengeksekusi sebuah kebijakan karena merupakan ranah pimpinan KPK.
  • Muncul juga pertanyaan, dengan begitu luasnya kewenangan Dewas, siapa yang menjadi pengawan Dewas?

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 10 pemberitaan, diikuti peringkat kedua liputan6.com dan bisnis.com dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 08:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 9 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh liputan6.com dengan 65 interaksi, diikuti peringkat kedua katadata.co.id dengan 18 interaksi. Selanjutnya bisnis.com dengan 12 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR