SOROTAN MEDIA

Siapa Pengganti Sofyan Basir?

Mantan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir: Kementerian BUMN belum memilih penggantinya.
Mantan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir: Kementerian BUMN belum memilih penggantinya. | Reno Esnir/ama. /ANTARA FOTO

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih mencari sosok yang layak untuk menjadi Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN), setelah Sofyan Basir dicopot dari jabatannya, karena menjadi tersangka korupsi.

Untuk sementara posisi Dirut, diisi oleh Muhammad Ali, sebagai Pelaksana Tugas (Plt). Spekulasi tentang siapa sosok yang akan dipilih Kementerian BUMN, untuk menjadi Dirut PLN, menjadi sorotan media daring. Sepanjang Senin (6/5/2019), ada 25 media menuliskan topik tersebut, dengan volume sebanyak 64 berita.

Ringkasan

  • Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno mengaku belum bisa memastikan kapan bisa mengangkat Direktur Utama definitif PT PLN (Persero) pengganti Sofyan Basir yang dicopot setelah dijadikan tersangka oleh KPK terkait dugaan suap PLTU Riau-1.
  • Saat ini posisi Dirut PLN dijabat oleh pejabat sementara yang merupakan Direktur SDM PLN, Muhammad Ali. Keputusan tersebut diambil oleh kementerian BUMN pascapenetapan tersangka Direktur Utama PLN, Sofyan Basir dalam kasus dugaan suap PLTU Riau 1.
  • Sejumlah nama disebut sebagai kandidat pengganti Sofyan. Antara lain Alex Sinaga, Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Juga Ahmad Baiquni, yang saat ini sedang menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BNI).
  • Senin (6/5/2019) Sofyan Basir memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1.
  • KPK juga memanggil Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT PLN Muhammad Ali untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dan republika.co.id dengan 7 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 6 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 01:00 hingga 21:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 11:00 WIB dengan total 15 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 290 sebaran, diikuti peringkat kedua republika.co.id dengan 118 sebaran. Selanjutnya kompas.com dengan 101 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR