SOROTAN MEDIA

Sindiran Menkumham pada Walkot Tangerang berujung laporan polisi

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/9/2018).
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/9/2018). | Rivan Awal Lingga /Antara Foto

Dua pejabat pemerintahan berseteru dan lembaga yang mereka pimpin saling lapor ke polisi. Mereka adalah Menteri Hukum dan Ham, Yasonna Laoly dan Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah.

Kementerian Hukum dan HAM, Selasa (16/7/2019), melaporkan Arief ke Polres Metro Tangerang terkait penyalahgunaan lahan di Kota Tangerang. Malam harinya, Kemenkumham yang dilaporkan Walikota Tangerang ke Polrestro, tentang dugaan pelanggaran tata ruang.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Abdul Karim menyatakan telah menerima kedua laporan tersebut dan polisi tengah meneliti dan menelaah keduanya.

Ringkasan

  • Perseteruan antara Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang belum juga reda.
  • Ribut-ribut dua pejabat pemerintah itu diawali sindiran Menkumham Yasonna Laoly kepada Wali Kota Tangerang Arief R Wilmansyah karena belum terbitnya IMB untuk Kampus Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) milik Kemenkumham di Tangerang, Selasa (9/7/2016).
  • Yasonna juga menuding, dalam perda tata ruang, Pemkot Tangerang yang memploting 22 hektare lahan Kemenkumham sebagai lahan pertanian.
  • Arief menyatakan yang menentukan lahan Kemenkumham sebagai lahan pertanian adalah Kementerian Pertanian, bukan Pemerintah Kota Tangerang.
  • Pemkot Tangerang lantas ‘mengancam’ menghentikan pelayanan pengangkutan sampah dan akan mematikan penerangan jalan umum (PJU) di kompleks Kehakiman dan Pengayoman. Namun dibatalkan setelah mendengar aspirasi warga.
  • Akhirnya, penghentian layanan PJU dan sampah dilakukan di semua perkantoran milik Kemenkumham dan lembaga pemasyarakatan (Lapas) yang ada di Kota Tangerang.
  • Kemenkumham kemudian melaporkan Wali Kota Tangerang ke polisi, begitu juga sebaliknya.
  • Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan memanggil Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah dan Gubernur Banten Wahidin Halim untuk memberikan pembinaan.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 40 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 12 pemberitaan. selanjutnya merdeka.com dengan 6 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 03:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 12 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 607 interaksi, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 451 interaksi. Selanjutnya tribunnews.com dengan 251 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR