SOROTAN MEDIA

Sinyal Jokowi untuk aktivis 98

Presiden Joko Widodo (tengah) menerima jaket dari aktivis 98 saat Halal bihalal Presiden bersama Aktivis 98, di Jakarta, Minggu (16/6/2019). Presiden berpesan agar para aktivis 98 bisa mengambil peran dalam pembangunan dengan cara memberikan evaluasi dan koreksi terhadap langkah dan kebijakan yang dilakukan pemerintah.
Presiden Joko Widodo (tengah) menerima jaket dari aktivis 98 saat Halal bihalal Presiden bersama Aktivis 98, di Jakarta, Minggu (16/6/2019). Presiden berpesan agar para aktivis 98 bisa mengambil peran dalam pembangunan dengan cara memberikan evaluasi dan koreksi terhadap langkah dan kebijakan yang dilakukan pemerintah. | Aprillio Akbar /Antara Foto

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri acara halal bihalal dengan kelompok Aktivis 98 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (16/6/2019). Pada saat itu Jokowi menyinggung tentang belum adanya aktivis 98 yang menjadi menteri, walau banyak yang sudah menjadi kepala daerah dan anggota legislatif.

Presiden menyatakan bahwa bisa saja dengan kemampuan yang ada, aktivis 98 tidak hanya menjabat menteri, namun bisa sebagai duta besar, atau di perusahaan BUMN.

Nama Adian Napitupulu kemudian banyak diteriakkan oleh mereka yang hadir, tetapi Jokowi enggan menyebutkan nama atau inisial aktivis 98 yang tengah dipertimbangkannya untuk menjadi menteri

Ringkasan

  • Presiden Joko Widodo memberi sinyal akan mengangkat perwakilan aktivis 98 menjadi pejabat tinggi pemerintah saat menghadiri acara halal bihalal dan diskusi bersama aktivis 98 di Ballroom Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Minggu, 16 Juni 2019.
  • Jokowi awalnya menyinggung para Aktivis yang sampai saat ini belum bisa menjadi menteri, hanya sebatas DPR hingga kepala daerah. Namun belum ada yang pernah menjadi menteri di kabinet pemerintahan.
  • Nama Adian Napitupulu, politikus PDIP dan ketua panitia acara tersebut, banyak diteriakkan oleh mereka yang hadir.
  • Adian Napitupulu melaporkan bahwa sejak pemerintahan Soeharto selesai, pihak aktivis tidak pernah meminta kursi di pemerintahan. Akan tetapi, pada faktanya, banyak aktivis yang mengisi kursi pemerintahan.
  • Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti mengatakan aktivis 98 telah memenuhi sejumlah faktor untuk masuk ke dalam pemerintahan mendatang.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 10 pemberitaan, diikuti peringkat kedua viva.co.id dan detik.com dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 09:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 18:00 WIB dengan total 11 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 21302 interaksi, diikuti peringkat kedua merdeka.com dengan 7831 interaksi. Selanjutnya viva.co.id dengan 5869 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR