SOROTAN MEDIA

Situng dinyatakan melanggar prosedur, KPU berterima kasih

Ilustrasi:  Sidang Pelanggaran Administrasi Pemilu.
Ilustrasi: Sidang Pelanggaran Administrasi Pemilu. | Nyoman Hendra Wibowo/wsj. /ANTARA FOTO

Sidang Badan Pengawas Pemilu (16/5/2019), menyatakan sistem penghitungan suara (situng) KPU secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran dalam tata cara dan prosedur penginputan data.

Bawaslu menyarankan KPU memperbaiki prosedur input data. Namun Bawaslu juga meminta agar situng dipertahankan sebagai instrumen yang digunakan KPU dalam menjamin keterbukaan informasi. KPU pun berterima kasih atas putusan itu.

Hasil keputusan Bawaslu ini menjadi sorotan media daring sepanjang Kamis (16/5/2019). Hingga pukul 18.00 sebanyak 152 berita ditulis oleh 52 media, dengan ratusan ribu amplifikasi di media sosial.

Ringkasan

  • Ketua majelis hakim Bawaslu Abhan, menyatakan KPU dinilai melanggar tata cara dan prosedur dalam input data situng.
  • Memerintahkan KPU untuk memperbaiki tata cara dan prosedur dalam input data sistem informasi pemungutan suara dalam situng.
  • KPU berkewajiban untuk memastikan data yang dimasukkan dalam situng adalah data yang valid, telah terverifikasi, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada publik sehingga tidak menimbulkan keresahan di dalam masyarakat.
  • KPU harus memerhatikan setiap masukan perbaikan data.
  • Keberadaan situng telah diakui dalam undang-undang yang berlaku. Oleh karena itu, Bawaslu menyarankan agar situng dipertahankan sebagai instrumen yang digunakan KPU dalam menjamin keterbukaan informasi.
  • KPU berterima kasih atas putusan tersebut, karena KPU telah melakukan berbagai perbaikan dalam input data situng.
  • Sidang Bawaslu adalah respon atas aduan yang diajukan oleh tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga pada Kamis (2/5).

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 26 pemberitaan, diikuti peringkat kedua republika.co.id dengan 12 pemberitaan. selanjutnya detik.com dengan 10 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 18:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 13:00 WIB dengan total 20 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh viva.co.id dengan 100545 sebaran, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 91369 sebaran. Selanjutnya suara.com dengan 11225 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR