SOROTAN MEDIA

Soal pimpinan MPR 10 orang, PKS berseberangan dengan Gerindra

Ilustrasi: Kemesraan PKS dan Gerindra saat kampanye pilpres 2019.
Ilustrasi: Kemesraan PKS dan Gerindra saat kampanye pilpres 2019. | Sigid Kurniawan/nz /ANTARA FOTO

Wacana pimpinan MPR berisi 10 orang, membuat Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang selam ini seia sekata, jadi berseberangan.

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, menilai wacana itu tidak sejalan dengan semangat reformasi birokrasi. Selain itu juga berpotensi membebani uang negara. Ia menyatakan tidak setuju dengan wacana itu, (20/8/2019).

Sementara, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, tidak mempermasalahkan wacana itu. Bahkan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, beberapa waktu lalu dikabarkan mendukung usulan tersebut.

Ringkasan

  • Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyebut partainya sangat terbuka dengan adanya wacana pimpinan MPR diisi oleh 10 orang.
  • Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto setuju dengan wacana penambahan pimpinan MPR dari lima orang menjadi 10 orang.
  • Sementara Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera tidak sependapat dengan Gerindra. Ia lebih setuju membangun organisasi yang ramping namun kaya fungsi, ketimbang organisasi yang gemuk.
  • Usulan pimpinan MPR diisi 10 orang, berasal dari Wakil Sekjen PAN Saleh Partaonan Daulay.
  • Dengan 10 pimpinan 9 fraksi di DPR dan DPD bisa terwakili di MPR.
  • Wacana itu mendapat banyak sambutan, karena menjadi salah satu solusi bagi-bagi kekuasaan antara koalisi parpol pendukung pemerintahan Jokowi-Amin, maupun yang ada di luar pemerintahan.
  • Bila mengacu Pasal 427C UU MD3 Nomor 2 Tahun 2018. Pimpinan MPR hasil Pemilu 2019 dikembalikan ke formasi satu ketua dan empat wakil.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh republika.co.id dengan 2 pemberitaan, diikuti peringkat kedua waspada.co.id dan tribunnews.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 11:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 03:00 WIB dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 61 interaksi, diikuti peringkat kedua tempo.co dengan 40 interaksi. Selanjutnya liputan6.com dengan 25 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR