SOROTAN MEDIA

Spekulasi Gerindra masuk kabinet, Prabowo juga

KOMPAK | Warga memakai topeng kertas Joko Widodo (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan), dalam hari bebas kendaraan bermotor di Solo, Jawa Tengah, Minggu (14/7/2019).
KOMPAK | Warga memakai topeng kertas Joko Widodo (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan), dalam hari bebas kendaraan bermotor di Solo, Jawa Tengah, Minggu (14/7/2019). | Maulana Surya /Antara Foto

Kabar itu masih simpang siur, karena Joko "Jokowi" Widodo juga belum dilantik apalagi mengumumkan para calon menteri. Terkabar, Jokowi sudah menyediakan tiga kursi untuk pos menteri – atau setingkat menteri – untuk kader Partai Gerindra.

Dua dari tiga orang Gerindra adalah Fadli Zon dan Sandiaga Uno. Lalu orang ketiga adalah Prabowo. Masalahnya ada dua Prabowo. Pertama, Prabowo Subianto. Kedua, Edy Prabowo.

Tentang Prabowo Subianto, yang menurut rumor akan dimasukkan ke Dewan Pertimbangan Presiden, Gerindra tak berminat. Kalau Prabowo jadi menteri pertahanan, mereka setuju.

Ringkasan

  • Menjelang pelantikan dan pengumuman menteri Kabinet Kerja Jilid II pemerintahan Jokowi-Ma`ruf Amin rumor pun berkembang.
  • Santer terdengar, selain gagasan, Gerindra mengajukan 3 jatah kursi Menteri di Kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin.
  • Hendrawan belum mau membeberkan kendala yang membuat Gerindra masih belum pasti bergabung dalam koalisi pemerintah.
  • Sumber merdeka.com dari elite Gerindra menyebut, Jokowi awalnya menawarkan menteri pertanian dan kepala badan koordinasi penanaman modal atau BKPM.
  • Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono mengakui bahwa partainya meminta tiga pos menteri di kabinet Joko Widodo-Ma`ruf Amin.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dan cnbcindonesia.com dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua sindonews.com dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 02:00 hingga 13:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 06:00 WIB dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh merdeka.com dengan 4575 interaksi, diikuti peringkat kedua cnnindonesia.com dengan 626 interaksi. Selanjutnya cnbcindonesia.com dengan 108 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR