SOROTAN MEDIA

Spekulasi reshuffle kabinet sehabis lebaran

Ilustrasi: Presiden Joko Widodo dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor.
Ilustrasi: Presiden Joko Widodo dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor. | Puspa Perwitasari/hp /ANTARA FOTO

Di akhir masa pemerintahan Jakowi-Jusuf Kalla, isu reshuffle kabinet kembali mencuat. Spekulasi penggantian menteri muncul karena ada 3 menteri yang sangat dekat dengan pusaran kasus korupsi yang tengah ditangani KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

Tiga menteri tersebut adalah: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita.

Isu reshuffle ini sempat menjadi sorotan media daring. Sepanjang Rabu (8/5/2019) ada 22 media menuiliskan isu tersebut dalam 55 berita.

Ringkasan

  • Kepada para wartawan Johan Budi, Juru Bicara Presiden Joko Widodo, di kantor presiden menyampaikan: kemungkinan bisa saja reshuffle dilakukan setelah lebaran. Bisa juga tidak dilakukan.
  • Menurut Johan Presiden Jokowi selalu melakukan evaluasi ke belakang sebelum melakukan reshuffle. Evaluasi tersebut, dilakukan setiap saat dan pak Presiden Jokowi selalu cross-check kinerja pembantunya kepada semua pihak.

  • Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan reshuffle kabinet bisa terjadi ataupun tidak dalam waktu dekat, setelah tiga menteri dikaitkan pada kasus dugaan korupsi yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
  • Menurut Moeldoko kalau sudah persoalan hukum, Presiden selalu tidak mau intervensi tentang itu. Tergantung dari berprosesnya, apa yang terjadi sekarang ini.
  • Masa kerja kabinet kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla akan berakhir pada Oktober 2019.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 10 pemberitaan, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 8 pemberitaan. selanjutnya merdeka.com dengan 7 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 07:00 hingga 21:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 13 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh republika.co.id dengan 494 sebaran, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 327 sebaran. Selanjutnya merdeka.com dengan 305 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR