SOROTAN MEDIA

Stok BBM untuk arus balik Transjawa ditambah 247 persen

Petugas melakukan pengisian BBM kendaraan pemudik di kios modular Pertamina siaga rest area KM 252 jalan tol Pejagan-Pemalang, Brebes.
Petugas melakukan pengisian BBM kendaraan pemudik di kios modular Pertamina siaga rest area KM 252 jalan tol Pejagan-Pemalang, Brebes. | Lukmansyah/foc /ANTARA FOTO

PT Pertamina menjamin ketersediaan BBM untuk memenuhi keperluan arus balik, Idulfitri 2019. Kendaraan yang melintas di Tol Transjawa diperkirakan akan meningkat hingga 226 persen.

Itulah sebabnya stok BBM untuk pelintas Tol Transjawa juga ditingkatkan. PT Pertamina Regional IV, Jawa Tengah dan DIY, menyiapkan stok BBM tambahan hingga 247 persen atau sekitar 700 kiloliter (Kl) dari rata-rata normal sebesar 283 kl untuk seluruh SPBU di Tol Trans Jawa baik yang reguler maupun kios Pertamina Siaga.

Masalahnya, untuk mengantisipasi kemacetan, beberapa rest area yang menyediakan stasiun BBM ditutup sementara. Karenanya distribusi BBM difokuskan pada SPBU di rest area yang tidak ditutup.

Untuk menghindari pengguna kendaraan kehabisan BBM di tengah jalan, sosialisasi rest area yang menyediakan SPBU menjadi sangat penting. Selain itu Pertamina menyarankan agar pemudik mengisi BBM penuh di SPBU reguler sebelum masuk tol.

Ringkasan

  • Pada puncak arus mudik yang terjadi pada H-3 kemarin, terjadi peningkatan konsumsi BBM jenis gasoline (Pertalite & Pertamax Series) hingga 208%.
  • Diperkirakan pemudik akan beristirahat dan mengisi BBM di SPBU regeuler Pertamina di KM 519B, 389B, 360B dan 260B. Selain itu kios Pertamina siaga yang terdapat di KM. 487B, 456B, 429B, 344B, 294B dan 282B
  • Pertamina Marketing Regional IV menyiagakan lebih dari 700 SPBU di Jawa Tengah dan 109 SPBU di DI Yogyakarta.
  • Khusus untuk di tol Transjawa wilayah Jawa Tengah, Pertamina menyiagakan 6 SPBU reguler dan 15 Kios Pertamina Siaga, 5 mobile dispenser, 60 motoris BBM kemasan, 45 kantong SPBU, dan 6 rumah Pertamina Siaga.
  • Pertamina mengimbau para pemudik untuk mengutamakan pengisian di SPBU reguler Pertamina yang terdapat di 6 titik yaitu KM 260B, 360B, 379A, 389B, 429A, 519A dan 519B.
  • Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi antrian panjang di kios Pertamina Siaga yang berimbas pada kemacetan dan sesaknya rest area.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 7 pemberitaan, diikuti peringkat kedua republika.co.id dan liputan6.com dengan 5 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 01:00 hingga 18:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 12:00 WIB dengan total 7 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh viva.co.id dengan 1589 sebaran, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 48 sebaran. Selanjutnya tempo.co dengan 33 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR