CUACA EKSTREM

Suhu dingin akibat kemarau di Bandung

Pengunjung menikmati pemandangan di Wisata Alam The Lodge Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (12/12/2018).
Pengunjung menikmati pemandangan di Wisata Alam The Lodge Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (12/12/2018). | Raisan Al Farisi /ANTARA FOTO

Suhu di Kota Kembang lebih dingin dari biasanya. Bahkan menurun hingga 13 derajat Celsius. Fenomena ini justru disebabkan oleh musim kemarau yang sedang melanda.

"Suhu yang dingin dalam beberapa hari terakhir di Bandung Raya maupun secara umum di Jawa Barat merupakan fenomena yang biasa atau wajar yang menandakan datangnya periode musim kemarau," jelas Peneliti Cuaca dan Iklim BMKG Provinsi Jawa Barat, Muhamad Iid Mujtahiddin.

Pantauan alat pengukur suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung menunjukkan, selama Juli, suhu udara terendah di Bandung adalah 16,4 derajat Celsius. "Sedangkan di lokasi dengan elevasi yang semakin tinggi seperti di pos observai geofisika Lembang (1241 meter) tercatat 13,0 derajat Celsius pada tanggal 16 Juli 2019," jelas Iid.

Rata-rata suhu di Bandung mencapai titik terendah pada 17 Juli 2019 yakni 15 derajat Celsius. Sejak tiga bulan terakhir, suhu di Bandung ada pada kirasan 18 derajat Celsius.

Saat cuaca cerah, sebagian besar sinar matahari yang menyinari permukaan Bumi terpantulkan ke angkasa. Ini membuat kadar radiasi panas matahari yang tersimpan di permukaan Bumi sangat sedikit pada dini hari.

Begitu penjelasan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung, Toni Agus Wijaya. “Puncak musim kemarau di Agustus,” imbuhnya dinukil Tempo.co.

Di wilayah Jawa Barat, kemarau sudah melanda sejak Juni 2019. Mulai dari wilayah sekitar Pantura, bergerak ke arah selatan.

Selain pertanda musim kemarau, fenomena cuaca dingin juga dipengaruhi angin pasat tenggara atau monsoon Australia. Angin dingin dan kering ini bertiup dari benua kanguru ke arah benua Asia.

Australia sedang mengalami puncak musim dingin sepanjang Juli hingga September. Jadi, suhu di sana relatif lebih dingin dibanding musim hujan.

Di Jawa Barat, dinginnya suhu juga dipengaruhi kelembapan pada ketinggian permukaan hingga 1,5km di atas permukaan laut relatif lembap. Jadi pada sore hari masih ada pembentukan awan.

Iid memaparkan, pada ketinggian 3km di atas permukaan laut, suhu relatif kering. Karena itu, potensi awan yang terbentuk untuk menghasilkan hujan relatif kecil. Dampaknya, kelembapan pada malam sampai pagi hari membuat suhu semakin dingin.

Karena itu, masyarakat diimbau lebih memperhatikan kondisi tubuh. Menggunakan baju hangat dan menjaga pola makan sehat.

Walau suhu di Bandung menurun sampai 13 derajat Celsius, beberapa wilayah terdampak kekeringan. Antara lain Baleendah, Cangkuang, Arjasari, dan Banjaran.

Sebanyak 31 kecamatan kekurangan air bersih. https://limawaktu.id/news/dampak-kemarau-31-kecamatan-di-kab-bandung-ajukan-permintaan-air-bersih Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung telah menerima pengajuan permintaan air bersih.

"Laporan dari pol pp (hasil rapat), ada sebagian yang menyampaikan surat permohonan bantuan air bersih. Dari Baleendah, Banjaran, Pameungpeuk dan Arjasari," jelas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung, Achmad Djohara setelah rapat koordinasi antisipasi kekeringan di Soreang, (15/7/2019).

Namun, armada BPBD tak cukup untuk melayani 31 kecamatan. Mereka hanya punya satu unit tanki. Bahkan dengan menggabungkan unit tanki dari instansi lain seperti PMI, PDAM, Disperkimtan, dan Dinsos pun jumlah tanki hanya ada delapan.

Sebelumnya BPBD sudah memprediksi kekeringan akan melanda Bandung pada Juli 2019. Sama seperti tahun 2018, kemarau mencapai puncak pada Agustus hingga September.

Beberapa daerah yang kerap dilanda bencana kekeringan yakni Kecamatan Soreang (Pamekaran, Parung Serab, Sukanagara, dan Sekarwangi), Kecamatan Cangkuang (Nagrag), Kecamatan Pacet, Kecamatan Cikancung (Ciluluk), Kecamatan Nagreg, Kecamatan Cileunyi, dan Kecamatan Cilengkrang.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR