SOROTAN MEDIA

Suku bunga acuan BI tetap 6 persen

Foto ilustrasi. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (21/2/2019). BI memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI 7DRR) sebesar enam persen.
Foto ilustrasi. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (21/2/2019). BI memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI 7DRR) sebesar enam persen. | Sigid Kurniawan /Antara Foto

Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate pada level 6 persen. Keputusan ini diambil setelah Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) juga tak mengubah suku bunga acuannya.

Keputusan itu disampaikan Gubernur BI, Perry Warjiyo, usai melakukan Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada Kamis (20/6/2019). Keputusan lain, BI juga mempertahankan suku bunga Deposit Facility 5,25 persen dan suku bunga Lending Facility 6,75 persen.

Ringkasan

  • RDG digelar setelah rapat Federal Open Market Committee pada Rabu waktu setempat (19/6) memutuskan suku bunga acuan The Fed tetap pada 2,25 persen hingga 2,5 persen.
  • Perry mengatakan BI masih mungkin menurunkan suku bunga acuan dan hanya menunggu waktu yang tepat, kemungkinan paruh kedua 2019. Keputusan akan tetap mengacu pada dua faktor; kondisi pasar keuangan global dan stabilitas eksternal Indonesia.
  • Menurut Perry, kondisi pasar keuangan global masih diselimuti sentimen eskalasi ketegangan hubungan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.
  • BI juga menurunkan Giro Wajib Minimum (GWM) rupiah untuk bank umum konvensional dan bank umum syariah atau unit usaha syariah sebesar 50 basis point (bps) sehingga masing-masing menjadi 6,0 persen dan 4,5 persen.
  • GWM rerata masing-masing tetap sebesar 3,0 persen dan akan berlaku efektif mulai 1 Juli 2019.
  • Bank Commonwealth menilai keputusan BI tersebut sudah sesuai dengan ekspektasi perseroan.
  • Bank Mandiri memperkirakan BI akan menurunkan suku bunga acuan satu kali pada 2019 hingga 25 bps. Waktunya diperkirakan pada Juli atau Agustus.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh kontan.co.id dan cnbcindonesia.com dengan 8 pemberitaan, diikuti peringkat kedua okezone.com dengan 5 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 03:00 hingga 21:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 15:00 WIB dengan total 9 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 25 interaksi, diikuti peringkat kedua kontan.co.id dengan 13 interaksi. Selanjutnya okezone.com dengan 10 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /Content Analysis

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR