SOROTAN MEDIA

Tarif LRT Jakarta bersubsidi mulai berlaku hari ini

Kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) melintas saat uji coba di Stasiun LRT Velodrome, Jakarta, Sabtu (16/2/2019)
Kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) melintas saat uji coba di Stasiun LRT Velodrome, Jakarta, Sabtu (16/2/2019) | Indrianto Eko Suwarso /Antara Foto

LRT (light rail transit) atau moda transportasi massal lintas rel terpadu Jakarta mulai beroperasi secara komersial per Minggu (1/12/2019). LRT Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading itu kini mulai bertarif Rp5.000 per penumpang.

Waktu operasional LRT Jakarta dimulai pukul 05.30 dan berakhir pada 23.00 WIB. LRT Jakarta melayani rute Velodrome, Equestrian, Pulomas, Boulevard Selatan, Boulevard Utara, dan Pegangsaan Dua.

General Manager Operasi dan Pelayanan LRT Jakarta, Aditya Kesuma, menyatakan tarif LRT bisa mencapai puluhan ribu rupiah bila tak disubsidi pemerintah. Biaya asli bisa mencapai puluhan ribu rupiah, dihitung berdasarkan operasional murni pelayanan.

Ringkasan

  • Manajemen PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta optimistis mampu mencapai target 14.000 penumpang per hari.
  • Light rail transit (LRT) Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading mulai beroperasi secara komersial mulai Minggu (1/12/2019).
  • Menurut Direktur Utama LRT Jakarta, Wijanarko, penerapan tarif seharga Rp 5.000 per penumpang resmi berlaku sejak pukul 05.30 WIB.
  • Ia menuturkan, pembayaran tarif LRT Jakarta bisa menggunakan kartu uang elektronik dari lima bank.
  • Para penumpang bisa menggunakan kartu JakCard dan JakLingko Bank DKI di LRT Jakarta yang disiapkan oleh bank milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
  • PT LRT Jakarta menyatakan tarif penumpang LRT bisa mencapai puluhan ribu rupiah bila tak disubsidi oleh pemerintah.
  • Sebelumnya, kereta LRT Jakarta telah beroperasi dengan status uji coba tanpa mengenakan biaya perjalanan pada Juli hingga akhir November 2019.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 7 pemberitaan, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 5 pemberitaan. selanjutnya republika.co.id dengan 3 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 10:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 9 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 415 interaksi, diikuti peringkat kedua republika.co.id dengan 43 interaksi. Selanjutnya cnnindonesia.com dengan 41 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR