PROSTITUSI ONLINE

Tebak-tebakan inisial artis PSK bisa berujung fitnah

Ilustrasi sosok tanpa identitas
Ilustrasi sosok tanpa identitas | Pixabay

Jagat internet Indonesia diramaikan daftar inisial artis yang diduga menyambi jadi PSK beserta tarifnya. Daftar ini beredar melalui pesan berantai, jejaring sosial, dan forum di dunia maya. Netizen sibuk menebak-nebak, siapa di belakang sederet inisial tersebut.

Padahal, RA sang muncikari tak pernah mengaku mengedarkan daftar tersebut ke publik. Ia mengaku memegang nama 200 artis (atau lebih tepat disebut pesohor?) sebagai "anak asuhnya", namun sudah diberikan ke polisi. Pihak kepolisian pun membantah daftar inisial yang tersebar itu berasal dari mereka.

Di forum Kaskus, aksi tebak-tebakan ini sempat jadi salah satu topik terhangat. Tak hanya mencoba mengungkap nama asli di balik daftar inisial tersebut, kaskuser juga membuat parodinya. Misalnya membuat daftar nama menu makanan artis dan model, lengkap dengan tarif per porsinya.

Aksi serupa bisa ditemukan di jejaring sosial seperti Facebook, Path, juga di Twitter.

Salah satu versi daftar inisial yang beredar juga dimuat di media. Hasil penelusuran VIVA.co.id misalnya, memuat 17 inisial artis yang diduga terlibat dalam jaringan prostitusi muncikari RA. Dalam daftar itu tercantum pula tarif untuk layanan kencan.

Gosip ini pun jadi sasaran empuk pemberitaan. Tren pencarian di Google Indonesia mencatat beberapa nama yang dikait-kaitkan dengan daftar inisial tersebut, pada Senin (11/5) dan Selasa (12/5).

Presenter Indra Herlambang (39) mengkritik aksi netizen tersebut. Pesohor yang mengawali karirnya sebagai penyiar radio ini menganggap pemunculan inisial-inisial itu tak bisa menjadi acuan kebenaran sesungguhnya, dan rentan fitnah.

Apalagi, salah satu inisial dalam daftar tersebut mengarah ke sahabat baiknya, Cut Tari. "Aduh itu agak bahaya banget, menyayangkan ya, karena itu agak fitnah," kata Indra, Selasa (12/5/2015), yang dikutip Detikhot.

Salah satu pesohor yang merasa namanya dicatut, Roro Fitria (27), membawa kasus ini ke ranah hukum. Kuasa hukum Roro, Sunan Kalijaga, mengatakan pihaknya sudah didaulat menangani kasus pencatutan Roro dalam daftar PSK binaan RA.

"Kami peringatkan pada orang-orang yang tidak bertanggung jawab atas pembuatan opini, kalau RF itu merupakan Roro Fitria," ujar Sunan, Selasa (12/5) malam yang dilansir Sindonews. Sejauh ini, baru Roro yang diberitakan ingin mempidanakan pemfitnahnya.

Para pesohor punya hak untuk merasa terganggu. UU ITE bisa digunakan untuk menjerat pemfitnah. Andaipun terbukti benar, hukum tak bisa menjamah mereka. Pekerja seks komersial (PSK) maupun pelanggannya tak terjangkau oleh KUHP. Yang bisa diperkarakan hanyalah muncikari atau germonya.

Menurut Kanit I Kriminal Umum Satreskrim Polrestro Jakarta Selatan, AKP Joynaldo, polisi akan memanggil nama-nama yang diduga terlibat untuk menjalani pemeriksaan. Namun, para artis dan pemakai itu hanya dijadikan saksi, bukan sebagai tersangka.

Yg belum kelar nebak daftar inisial artis yg berprofesi "ganda" ayo cepet selesein, ada daftar lainnya nih. Untung punya kunci jawabanya :)

— Ronal Surapradja (@RockNal) 11 Mei 2015

Dari tebak-tebak inisial artis, sampe penipu twitter. Random-nya TL twitter.

— ROFI (@RofiUddarojat) 10 Mei 2015

Ramai tebak inisial artis. TB, CT, RF, dll...

— Budi Wahyono (@inibudi_bw) 10 Mei 2015

Ga pengen tahu nama2 inisial artis yg katanya bisa di "booking". Kl pun udh tahu trs buat apa? feeling better? or feeling yg laen?

— motulz (@motulz) 11 Mei 2015

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR