SATWA LANGKA

Terlalu, berbisnis beruang madu di Facebook

Era berbisnis daring: jual satwa langka melalui di Facebook. Maka polisi pun terbantu untuk bertindak. Beruang madu  adalah satwa yang dilindungi.
Era berbisnis daring: jual satwa langka melalui di Facebook. Maka polisi pun terbantu untuk bertindak. Beruang madu adalah satwa yang dilindungi. | Tito Sigilipoe /Beritagar.id

NEKAT | Karena transaksi dilakukan melalui Facebook, Polri pun terbantu meringkus penjual dan pembeli yang akan serah terima beruang madu di Rembang, Jawa Tengah, Juni lalu.

Menurut Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Pol Fadil Imran dua hari lalu (3/7/2019), di Jakarta, sedianya serah terima akan berlangsung di terminal bus. Sebagai pembeli, tersangka S akan mengambil si beruang dari MUA alias G yang datang sebagai paket.

Meski sudah digeropyok, S bisa lolos. Kini dia buron. Seminggu setelah peristiwa di terminal, polisi mencocok tersangka MUA Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jateng, dan menyita 15 ekor burung tiong mas atau burung beo beserta kandangnya serta uang tunai Rp6 juta.

Satwa-satwa yang dilindungi tersebut kini dititipkan di Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kabupaten Pati. Kelak sataw-satwa itu disita dan dititiprawatkan ke Pusat Penyelamatan Satwa Jawa Barat.

Para tersangka dibidik dengan Pasal 21 ayat 2 huruf a juncto Pasal 40 ayat 2 UU No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. Ancaman hukuman maksimum lima tahun penjara dan denda Rp100 juta.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR