LEBARAN 2019

THR PNS bisa lebih cepat ketimbang pegawai swasta

THR Lebaran 2019 dan gaji ke-13 PNS akan cair 24 Mei. Untuk orang swasta, paling telat 29 Mei. Tapi pekan ini mungkin sudah ada yang menerima.
THR Lebaran 2019 dan gaji ke-13 PNS akan cair 24 Mei. Untuk orang swasta, paling telat 29 Mei. Tapi pekan ini mungkin sudah ada yang menerima. | Antyo® / Beritagar.id

Berbahagialah jika Anda dan sejawat di dunia partikelir sudah tahu kapan tunjangan hari raya (THR) cair. Tak perlu deg-degan apakah juragan Anda main pas dengan tenggat pemerintah: tujuh hari sebelum Lebaran.

Jika Anda aparatur sipil negara (di dalamnya juga ada pegawai negeri sipil), Anda beruntung. Sudah jelas kabar ihwal THR. Uangnya akan Anda petik Jumat 24 Mei nanti. Selain THR juga ada gaji ketiga belas. Hal serupa berlaku untuk personel Polri dan TNI.

Tentang tenggat swasta, yang seminggu sebelum hari raya, hal itu sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan nomor 6 Tahun 2016. Permen tersebut juga mengatur THR bagi karyawan yang telah mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Sila lihat infografik.

Pencairan THR dan gaji ketiga belas untuk amtenar, polisi, dan tentara itu dari APBN. Sesuai undang-undang, kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta Februari lalu.

Adapun THR dan gaji ketiga belas untuk PNS daerah, yang selama ini digaji oleh pemerintah daerah, akan diambil dari APBD. Payung hukumnya adalah peraturan daerah, kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wirasakti pekan ini (→ Bisnis.com)

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR