Tiga Pati Polisi dan Korupsi

Petinggi Polri dan kaitannya dengan korupsi: Susno Duadji, Djoko Susilo, dan Budi Gunawan (masih tersangka).
Petinggi Polri dan kaitannya dengan korupsi: Susno Duadji, Djoko Susilo, dan Budi Gunawan (masih tersangka). | AR/Beritagar

Hanya contoh (belum tentu teladan), tiga nama perwira tinggi ini bisa dipertautkan dengan korupsi — yang seorang baru tersangka. Bahkan ditahan pun dia belum, malah hari ini (14/1/2015) masih menjabat Kepala Lembaga Pendidikan Polri. Dialah Komjen Pol. Drs. Budi Gunawan, S.H., MSi., Ph.D. (55).

Lemdikpol punya visi “menciptakan insan tribrata yang profesional, bermoral, modern, dan unggul". Budi mempimpin lembaga itu sejak 2012. Kemarin (13/1/2015) KPK menetapkannya sebagai tersangka tindak pidana korupsi. Beritagar punya dua ilustrasi tentang dia, ini dan itu. Presiden Joko Widodo hingga siang ini belum menariknya dari pencalonan tunggal untuk jabatan Kapolri.

Bersalahkah Budi? Proses hukum yang akan membuktikannya. Jika menyangkut dua pati lainnya, pelaku tipikor dengan putusan hukum berkekuatan tetap, ada contoh Komjen Pol. (Purn.) Susno Duadji (60) dan Irjen Pol. (Purn) Djoko Susilo (53). Ganjaran untuk mereka ada dalam ilustrasi.

Tentang isu korupsi dan polisi, lihatlah salah satu unsur dalam misi Lemdikpol: “mengoptimalkan pembentukan kepribadian polisi yang bermoral agama".

Adapun sumpah/janji jabatan, yang di dalamnya mengucapkan ikrar untuk bekerja jujur, ada di laman metro.polri.go.id. Semua anggota polisi pernah mengucapkannya, dengan upacara, membawa nama Tuhan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR