SOROTAN MEDIA

Tiket MotoGP Indonesia 2021 tersedia tahun depan

Areal sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (23/2/2019).
Areal sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (23/2/2019). | MotoGP /via Twitter

Indonesia secara resmi akan menggelar seri MotoGP selama lima musim, dimulai pada 2021. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah menggelar hitung mundur pre-booking tiket MotoGP Indonesia 2021 di Plaza Indonesia, Jakarta, Sabtu (23/11/2019). Pemesanan akan tersedia secara online, melalui situs MGPA atau MotoGP.com.

Juara GP500 yang pernah merasakan Sirkuit Sentul, Mick Doohan, turut hadir di acara itu. Ia terkesan dengan sirkuit Mandalika, sirkuit jalan raya pertama untuk MotoGP yang rapat dengan pantai. Konsep balapan dan pariwisata menjadi magnet yang meloloskan Mandalika dalam jadwal kalender MotoGP kerjasama ITDC dan Dorna.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer, optimisitis pembangunan Sirkuit Mandalika bakal selesai tepat waktu, pada akhir 2020. Setelah proyek lintasan di Palembang, beberapa pengamat sempat skeptis dengan perkembangan Mandalika, khususnya karena isu pembebasan lahan.

Ringkasan

  • Pre-Launching seri MotoGP Indonesia 2021 digelar oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA) di Plaza Indonesia, Jakarta, Sabtu (23/11/2019).
  • MGPA akan melepas 20.000 tiket lebih awal guna mengakomodasi antusiasme para penggemar MotoGP di Indonesia, mulai 20 Januari hingga Agustus 2020.
  • Pemesanan akan tersedia secara online, melalui situs MGPA atau MotoGP.com, tetapi harga tiket belum diputuskan karena masih dikonsultasikan dengan DORNA.
  • Indonesia akan kebagian menggelar seri MotoGP selama lima musim, mulai 2021 hingga 2025, dan FIM Motul Superbike World Championship (WSBK).
  • Konsep balapan dan pariwisata menjadi magnet yang meloloskan Mandalika masuk dalam jadwal kalender MotoGP kerjasama ITDC dan Dorna.
  • Pembangunan sirkuit kini telah mencapai 30 persen, dan pihak ITDC optimisitis pembangunannya bakal selesai tepat waktu meski diterpa isu pembebasan lahan.
  • Menjawab kekhawatiran tentang isu gempa di NTB, Promotor MotoGP Dorna, Carlos Ezpelata menyatakan itu bukan isu besar, berdasarkan balapan di Jepang.
  • Setelah melihat lewat simulasi, juara dunia GP500 Mick Doohan mengatakan Mandalika punya keunggulan wisata.
  • Sirkuit Mandalika jadi sirkuit jalan raya pertama di MotoGP, dengan panjang 4,32 km, tikungan dan hanya memiliki satu lintasan lurus.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 4 pemberitaan, diikuti peringkat kedua viva.co.id dan kompas.com dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 23:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 05:00 WIB dengan total 5 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 2860 interaksi, diikuti peringkat kedua viva.co.id dengan 272 interaksi. Selanjutnya kompas.com dengan 184 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR