SOROTAN MEDIA

Tim gabungan belum temukan helikopter MI-17 milik TNI AD

Salah satu tim gabungan TNI dan Polri yang melakukan pencarian heli TNI AD MI-17 No Reg HA 5138.
Salah satu tim gabungan TNI dan Polri yang melakukan pencarian heli TNI AD MI-17 No Reg HA 5138. | Dokumen Pendam XVII/Cenderawasih /Antara Foto

Tim pencari belum juga menemukan tanda-tanda keberadaan helikopter MI-17 No Reg HA 5138 milik TNI Angkatan Darat (Penerbad), yang hilang kontak setelah lepas landas dari Bandara Oksibil di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, 28 Juni 2019 silam.

Selain pencarian melalui udara yang terhalang cuaca buruk, upaya lewat darat juga ditempuh di sekitar Kampung Bulangkop, Distrik Okaom, Kabupaten Pegunungan Bintang, dan Kampung Tangen, Distrik Airu, Kabupaten Jayapura.

Meski belum membuahkan hasil, Wakapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Dax Sianturi menyatakan pihaknya tetap melakukan pencarian hingga ada petunjuk selanjutnya dari Panglima TNI. Batas waktu pencarian pun belum ditetapkan.

Memasuki hari ke-11, Senin (8/7/2019), pencarian helikopter yang membawa 12 penumpang beserta kru akan dilakukan dengan bantuan kamera pendeteksi panas atau infrared untuk menemukan helikopter tersebut.

Ringkasan

  • Faktor cuaca hujan dan berkabut di Oksibil, Kabuapten Pegunungan Bintang masih menghambat pencarian heli TNI AD MI-17 No Reg HA 5138 yang hilang kontak pada Jumat dua pekan lalu.
  • Cuaca mendung dan awan tebal sejak Minggu pagi menghambat upaya pencarian melalui udara dari Bandara Oksibil. Pencaharian dengan pesawat CN 235 MPA yang direncanakan menempuh rute Sentani – Oksibil – Sentani turut dibatalkan.
  • Komandan Satgas (Dansatgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG, Letkol Inf Hendry Ginting, berharap lima personel 725/WRG yang menjadi penumpang heli, bersama pilot dan enam kru segera ditemukan.
  • Meski belum membuahkan hasil, Wakapendam XVII/Cenderawasih , Letkol Inf Dax Sianturi, Minggu (7/7), menyatakan pihaknya tetap melakukan pencarian hingga ada petunjuk selanjutnya dari Panglima TNI.
  • Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi, Minggu (7/7/2019), mengatakan hingga kini belum ditentukan batas akhir waktu pencarian. TNI bersama tim SAR tetap fokus pada pencarian meski belum membuahkan hasil.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 11 pemberitaan, diikuti peringkat kedua republika.co.id dan bisnis.com dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 09:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 16:00 WIB dengan total 8 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 171 interaksi, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 103 interaksi. Selanjutnya teropongnews.com dengan 5 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR