SOROTAN MEDIA

Tim hukum BPN vs TKN bersiap tarung di MK

Petugas keamanan melintas di depan Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (23/5/2019). Sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, MK membuka layanan penerimaan permohonan perselisihan hasil pemilihan umum 3x24 jam sejak penetapan perolehan suara oleh KPU.
Petugas keamanan melintas di depan Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (23/5/2019). Sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, MK membuka layanan penerimaan permohonan perselisihan hasil pemilihan umum 3x24 jam sejak penetapan perolehan suara oleh KPU. | Hafidz Mubarak A /ANTARA FOTO

Setelah batal Kamis lalu, Prabowo-Sandi akan mendaftarkan gugatan hasil Pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (24/5).

Empat pengacara, termasuk mantan wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto akan mendaftarkan gugatan ini. Ada pula Denny Indrayana yang pernah menjabat Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (2011-2014).

Dua pengacara lainnya adalah Irman Putra Sidin, dan Rikrik Rizkian.

Menghadapi sidang gugatan sengketa hasil pemilu presiden 2019 di MK, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo dan Ma'ruf Amin pun sudah membentuk tim hukum yang terdiri dari puluhan orang. Nama Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra termasuk di dalamnya.

Ringkasan

  • Koordinator Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tengah menyiapkan materi permohonan dan bukti-bukti terkait permohonan sengketa hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi.
  • Jubir BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade mengonfirmasi gugatan permohonan sengketa hasil Pemilu Calon Presiden & Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo-Sandi dikabarkan akan mendaftarkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini, Jumat (24/5/2019).
  • Tim kuasa hukum yang akan mendaftarkan gugatan terdiri dari empat orang. Mereka adalah Denny Indrayana, Bambang Widjojanto, Irman Putra Sidin, dan Rikrik Rizkian.
  • Direktur Hukum dan Advokasi TKN, Ade Irfan Pulungan membenarkan, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo dan Ma'ruf Amin telah membentuk tim hukum untuk menghadapi sidang gugatan sengketa hasil pemilu presiden 2019 di Mahkamah Konstitusi.
  • Menurut Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Arsul Sani, ada 60 pengacara dalam tim yang menghadapi sidang gugatan sengketa pemilu di MK, baik dari pengacara profesional maupun dari Tim Hukum TKN.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 6 pemberitaan, diikuti peringkat kedua viva.co.id dan skalanews.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 03:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 01:00 WIB dengan total 5 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh viva.co.id dengan 126 sebaran, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 61 sebaran. Selanjutnya goriau.com dengan 38 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR