SOROTAN MEDIA

Tim hukum TKN menolak tambahan permohonan sengketa oleh BPN

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Arsul Sani (kedua kanan) bersama kuasa hukum Yusril Ihza Mahendra (kedua kiri) menyapa media seusai berkonsultasi di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Senin (27/5/2019).
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Arsul Sani (kedua kanan) bersama kuasa hukum Yusril Ihza Mahendra (kedua kiri) menyapa media seusai berkonsultasi di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Senin (27/5/2019). | Sigid Kurniawan /Antara Foto

Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang pendahuluan dalam proses penanganan sengketa hasil Pilpres 2019 pada hari ini, Jumat (14/6/2019). Tahap keenam dari sebelas tahap proses penanganan sengketa ini akan menggunakan sistem panel.

Tim Kuasa Hukum TKN Jokowi-Ma'ruf telah menyerahkan 19 bukti kepada MK selain sejumlah argumentasi hukum. Namun, mereka tidak memuat jawaban untuk tambahan permohonan yang dilayangkan tim hukum Prabowo-Sandiaga beberapa hari lalu.

Ketua Tim Kuasa Hukum TKN Jokowi-Ma'ruf, Yusril Ihza Mahendra, menegaskan pihaknya tidak akan terpancing dengan dalil pemohon ihwal nama Ma'ruf Amin yang masih tercantum sebagai pejabat BNI Syariah di laman bank tersebut, atau sumbangan dana kampanye dari Jokowi yang dipersoalkan tim paslon 02.

Tim hukum Jokowi-Ma'ruf menolak perubahan permohonan yang dilakukan tim Prabowo-Sandi setelah tanggal 24 Mei 2019. Sebab, perubahan itu dinilai tak sesuai dengan ketentuan dalam UU dan hukum acara MK, serta dalil yang diajukan bukan termasuk obyek dalam sengketa hasil pemilu presiden.

Ringkasan

  • Sidang pendahuluan perkara sengketa Pilpres 2019 diagendakan digelar pada Jumat (14/6) pagi, dengan menggunakan sistem panel.
  • Sidang pendahuluan ini merupakan tahap keenam dari sebelas tahap proses penanganan sengketa hasil Pilpres 2019 di MK.
  • Tim hukum Joko Widodo (Jokowi)-Ma`ruf Amin telah menyerahkan jawaban dan bukti sengketa Pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK).
  • Bukti-bukti yang diserahkan ke MK tersebut, menurut Yusril, terdiri dari rekaman (suara dan video), cakram padat (CD), serta sejumlah surat-surat.
  • Yusril menambahkan bahwa bukti yang tim kuasa hukum Jokowi-Ma`ruf serahkan kepada MK memang mendukung apa yang disampaikan oleh KPU, karena pihaknya menerima apa yang telah diputuskan oleh KPU.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 12 pemberitaan, diikuti peringkat kedua suara.com dan poskotanews.com dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 10:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 17:00 WIB dengan total 11 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh viva.co.id dengan 1252 interaksi, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 572 interaksi. Selanjutnya suara.com dengan 478 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR