SOROTAN MEDIA

"Tim Mawar dan Rusuh Sarinah" dibawa ke Dewan Pers

Ilustrasi: Seorang polisi terkena bom molotov pada aksi kerusuhan di depan gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu (22/5/2019).
Ilustrasi: Seorang polisi terkena bom molotov pada aksi kerusuhan di depan gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu (22/5/2019). | Akbar Nugroho Gumay/wsj /ANTARA FOTO

Dewan Pers (DP) akan mempertemukan Redaksi Majalah Tempo dengan mantan komandan Tim Mawar, Mayjend. TNI (Purn) Chairawan, pada 18 Juni mendatang. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DP Hendry Ch Bangun, setelah menerima pengaduan dari Chairawan bersama Herdiansyah penasihat hukumnya, (11/6/2019).

Chairawan keberatan atas pemberitaan Majalah Tempo berjudul "Tim Mawar dan Rusuh Sarinah". Laporan tersebut dinilai tendensius, membuat framing seolah Tim Mawar terlibat dalam kerusuhan 21-22 Mei 2019.

Menurut Chairawan Tim Mawar sudah bubar sejak ada keputusan pengadilan pada 1999 lalu. Selain itu, keluarga anggota Tim Mawar juga merasa dirugikan dengan berita tersebut.

Pemimpin redaksi Majalah Tempo, Arif Zulkifli, menghargai setiap proses dan langkah hukum dan narasumber atau publik yang mempersoalkan pemberitaan medianya. Ia pun mengaku siap mengikuti seluruh rangkaian proses di Dewan Pers.

Ringkasan

  • Mantan Komandan Tim Mawar , Mayjen TNI (Purn) Chairawan melaporkan Majalah Tempo terkait pemberitaan berjudul "Tim Mawar dan Rusuh Sarinah" ke Dewan Pers , Selasa (11/6/2019).
  • Kuasa hukum Chairawan, Herdiansyah, menilai pemberitaan Majalah Tempo sangatlah tendensius.
  • Chairawan dan tim pengacaranya meminta Dewan Pers untuk menjatuhkan sanksi kepada Majalah Tempo.
  • Majalah Tempo edisi 10 - 16 Juni, menurunkan laporan investigasi tentang dugaan keterlibatan Tim Mawar pada kerusuhan 21-22 Mei 2019.
  • Tempo, melakukan konfirmasi kepada mantan anggota Tim Mawar Fauka Noor Farid dan Ketua Umum Baladhika Indonesia (Organisasi yang berafiliasi ke Partai Gerindra) Jaya, Dahlia Zein.
  • Dewan Pers segera memeriksa laporan Majalah Tempo dan pekan depan akan melakukan mediasi dengan mempertemukan redaksi Majalah Tempo dengan pelapor.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 24 pemberitaan, diikuti peringkat kedua suara.com dengan 4 pemberitaan. selanjutnya covesia.com dengan 2 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 05:00 hingga 12:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 11:00 WIB dengan total 11 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 519 sebaran, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 459 sebaran. Selanjutnya viva.co.id dengan 182 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR