SOROTAN MEDIA

Tolak tanda tangan surat penahanan Eggi tetap ditahan

Politikus PAN Eggi Sudjana menjalani pemeriksaan sebagai tersangka makar di Dirkrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/5/2019).
Politikus PAN Eggi Sudjana menjalani pemeriksaan sebagai tersangka makar di Dirkrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/5/2019). | Jaya Kusuma/aaa/ama. / ANTARA FOTO/

Penyidik Polri akhirnya menjebloskan tersangka tindakan makar Eggi Sudjana ke Rumah Tahanan Polda Selasa malam 14 Mei 2019 sekitar pukul 23:15 WIB. Selama 20 hari ke depan Eggi menjadi tahanan polisi.

Politisi PAN yang juga Anggota Tim Advokasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiga Uno, menolak menandatangani surat penahanan. Namun penolakan itu tak menyurutkan niat polisi untuk menahannya.

Topik penahanan Eggi Sudjana, sepanjang Rabu pagi (15/5/2019) menjadi sorotan media daring. Hingga pukul 08.00, sebanyak 57 berita, ditulis oleh 19 media.

Ringkasan

  • Tersangka kasus makar Eggi Sudjana menolak menandatangani surat penahanan meski polisi resmi menahannya setelah selesai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Selasa pukul 23:15 WIB.
  • Alasan Eggi menolak penahanan, antara lain karena dia tengah melakukan praperadilan. Selain itu sebagai seorang advokat, ia mengaku tidak bisa dipidana.
  • Meski menolak menandatangani surat penahanan, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu langsung dibawa ke rutan Polda Metro Jaya setelah polisi menetapkan untuk menahannya.
  • Eggi sebelumnya telah menerima surat penangkapan pada Selasa pagi usai pemeriksaan yang dilakukan sejak Senin (13/5) sore.
  • Dia tidak diperbolehkan meninggalkan Polda Metro Jaya selama pemeriksaan hingga akhirnya penyidik memutuskan untuk menahannya.
  • Eggi Sudjana ditetapkan sebagai tersangka setelah melontarkan pernyataan tentang people power yang dianggap makar.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 14 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 8 pemberitaan. selanjutnya detik.com dengan 6 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 08:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 08:00 WIB dengan total 10 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 1091 sebaran, diikuti peringkat kedua suara.com dengan 402 sebaran. Selanjutnya viva.co.id dengan 122 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR