SOROTAN MEDIA

Twin Otter hilang kontak di Papua belum ditemukan

Personel Basarnas bersiap melakukan pencarian Pesawat Twin Otter DHC6-400 milik Carpediem Aviasi Mandiri di Bandara Mozes Kilangin, Mimika, Papua Kamis (19/9/2019).
Personel Basarnas bersiap melakukan pencarian Pesawat Twin Otter DHC6-400 milik Carpediem Aviasi Mandiri di Bandara Mozes Kilangin, Mimika, Papua Kamis (19/9/2019). | Sevianto Pakiding/wpa/aww /ANTARA FOTO

Pesawat Twin Otter DHC6-400 yang kehilangan kontak pukul 10.53 (18/9), di Puncak, Papua, hingga hari ini, Kamis (19/9) belum ditemukan.

Pencarian yang dilakukan oleh tim gabungan dari Kepolisian, TNI dan SAR, belum membuahkan hasil, meskipun telah melakukan pencarian sekitar satu jam di titik koordinat yang diperkirakan. Selanjutnya wiilayah pencarian diperluas tak hanya di lintasan yang biasa dilewati pesawat itu.

Ringkasan

  • Pesawat Twin Otter DHC6-400 dengan nomor registrasi PKCDC milik PT Carpendiem hilang kontak dalam penerbangan Timika menuju Ilaga pada Rabu (18/9/2019) siang.
  • Tim SAR Gabungan melakukan pencarian terhadap pesawat yang membawa 1.700 kg beras milik Bulog untuk program rastra ke Ilaga, Kabupaten Puncak.
  • Guna membatu pencarian TNI AU mengirimkan pesawat Fix Wing CN 235.
  • Komandan Pangkalan TNI AU Yohanis Kapiyau Timika, Letkol Penerbang Sugeng Sugiharto mengatakan, pengiriman pesawat Fix Wing CN 235 itu atas perintah langsung Kepala Staf TNI AU Marsekal Yuyu Sutisna.
  • Selain itu TNI AU juga mengerahkan Helicopter Caracal untuk mengangkut Tim SAR gabungan ke lokasi hilangnya pesawat.
  • Armada lain yang dikerahkan untuk membantu pencarian adalah Helicopter Bell TNI AD, Helikopter Bell Airfast PT Freeport Indonesia dan Pesawat Twin Otter.
  • Pesawat penerbangan perintis untuk pedalaman Papua dengan pilot Dasep, copilot Yudra dan mekanik Ujang itu serta satu penumpang, Bharada Hadi.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 16 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dan liputan6.com dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 02:00 hingga 12:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 09:00 WIB dengan total 15 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh suarasurabaya.net dengan 384 interaksi, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 101 interaksi. Selanjutnya kompas.com dengan 48 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR