SOROTAN MEDIA

Ujian Nasional bukan patokan prestasi siswa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (tengah) saat menghadiri puncak peringatan HUT ke-74 PGRI di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (30/11/2019)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (tengah) saat menghadiri puncak peringatan HUT ke-74 PGRI di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (30/11/2019) | Fakhri Hermansyah /Antara Foto

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan penghapusan Ujian Nasional (UN) tidak akan diterapkan pada 2020 mendatang. UN 2020 masih berlangsung sesuai rencana.

Wacana menghapus UN untuk sekolah dasar hingga sekolah lanjutan muncul atas dasar aspirasi dan aduan dari masyarakat. Baik itu dari murid maupun guru. Menurut mereka, UN banyak menimbulkan hal-hal negatif.

Menurut hemat Nadiem, esensi UN harus diperbaiki; menilai prestasi murid atau prestasi sistem. Selama ini di lapangan justru menjadi tolok ukur prestasi siswa.

Ringkasan

  • Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan wacana penghapusan ujian nasional ( UN) baru akan direalisasikan setelah 2020.
  • UN 2020 masih akan jalan, demikian dia bilang di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (30/11/2019).
  • Nadiem mewacanakan penghapusan UN setelah mendengar beberapa keluhan dari masyarakat.
  • Dia mengatakan, wacana penghapusan UN menampung aspirasi dari masyarakat misalnya dari guru, murid dan orangtua.
  • Menurut dia, ada keinginan untuk menghindari dampak negatif dari UN tersebut.
  • Dia mencontohkan, tingkat stres yang tinggi pada siswa saat persiapan ujian nasional.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 11 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 6 pemberitaan. selanjutnya kompas.com dengan 4 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 10:00 WIB dengan total 15 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 4082 interaksi, diikuti peringkat kedua suarasurabaya.net dengan 767 interaksi. Selanjutnya tribunnews.com dengan 538 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR