Uniknya kirab Kahiyang dan Bobby di Medan

Kahiyang dan Bobby saat prosesi kirab di Medan, Sumatra Utara, Minggu (26/11/2017).
Kahiyang dan Bobby saat prosesi kirab di Medan, Sumatra Utara, Minggu (26/11/2017). | Media Center

Sebanyak 40 orang wanita berbusana adat Sumatera Utara mengawali kirab pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution beserta keluarga kemarin (26/11/2017). Di belakangnya, tampak tujuh kereta kuda yang didatangkan langsung dari Solo.

Dari pantauan Beritagar.id, pernak-pernik khas Mandailing dengan nuansa merah dan keemasan terpasang pada ketujuh kereta. Sepasang kuda, satu orang kusir, dan satu penuntun menarik masing-masing satu kereta.

Di belakang kereta terakhir tampak barisan wanita berpakaian adat, kendaraan pemusik Mandailing, 18 andong yang membawa peserta kirab, 25 kendaraan pemusik Melayu, dan 50 bentor (becak motor khas Medan) untuk para relawan

Medan International Convention Center (MICC), yang letaknya di sebelah barat kota tersebut, menjadi titik awal kirab menuju tempat resepsi di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi Indah. Jaraknya sekitar 2,6 kilometer.

Ayah Kahiyang, Presiden Joko Widodo, tampak duduk bersama istrinya, Iriana. Jokowi mengenakan pakaian jas tertutup warna hitam, beserta kain ulos menutup pinggang dan paha. Di balik ulos itu, ia memakai celana panjang warna hitam. Ia melengkapi tampilannya yang khas pakaian adat Melayu itu dengan peci warna senada.

Sementara itu, Iriana terlihat lebih berwarna. Ia memakai kebaya hijau lengkap dengan kerudung berwarna senada.

Kereta kuda yang membawa Jokowi beserta istri, Minggu (26/2017).
Kereta kuda yang membawa Jokowi beserta istri, Minggu (26/2017). | Media center

Ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar duduk di kereta berikutnya ditemani sang adik, Doli S Siregar. Lalu, kereta berikutnya membawa anak sulung, menantu, dan cucu Jokowi. Gibran Rakabuming, Selvi Ananda, dan Jan Ethes Srinarendra terlihat kompak memakai pakaian senada. Tiga kereta selanjutnya membawa keluarga Jokowi dari Solo.

Setelah menempuh perjalanan selama 50 menit, rombongan akhirnya tiba di lokasi resepsi. Saat kirab, Jokowi sempat membagi-bagikan suvenir ke warga yang menyaksikan arak-arakan di pinggir jalan.

Kirab ini merupakan yang kedua kalinya terselenggara selama acara pernikahan Bobby dan Kahiyang. Sebelumnya mereka melakukan kirab di Solo pada 8 November lalu, tempat kedua pasangan ini melakukan akad dan resepsi.

Prosesi kirab kemarin dilakukan sebagai penanda selesainya rangkaian Mata Ni Horja pada Sabtu (25/11/2017), sekaligus dimulainya resepsi pernikahan bagi keduanya.

Uniknya, tak hanya pakaian adat, beberapa warga yang berdiri di sepanjang jalan ada juga yang mengenakan kostum pahlawan ala Hollywood seperti Spiderman hingga Wonder Woman.

Warga berkostum Spiderman yang turut meramaikan prosesi kirab di jalanan Kota Meda, Sumatra Utara, Minggu (26/11/2017).
Warga berkostum Spiderman yang turut meramaikan prosesi kirab di jalanan Kota Meda, Sumatra Utara, Minggu (26/11/2017). | Media Center

Jokowi sempat menyampaikan apresiasinya kepada keluarga dan masyarakat Medan atas suksesnya acara tersebut.

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara, khususnya Medan, dan seluruh masyarakat Indonesia yang telah memberikan dukungan atas terselenggaranya resepsi pernikahan maupun rangkaian ritual adat," ujar Presiden kepada para jurnalis.

Jokowi menyadari jika acara terssebut menimbulkan ketidaknyamanan sejumlah pihak. Oleh karena itu, ia juga memohon maaf kepada pihak-pihak yang merasa terganggu dengan ketidaknyamanan tersebut.

"Banyak yang terganggu. Kami sekeluarga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya", ungkapnya seraya mengatakan bahwa saat ini tugasnya sebagai ayah sudah selesai dan tinggal melanjutkan tugas sebagai seorang kepala negara.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR