PILPRES 2019

Wahai setan gundul, segeralah muncul

Andi Arief bilang, Prabowo menolak hasil penghitungan suara karena pengaruh setan gundul. Soeharto juga pernah menyebut setan gundul.
Andi Arief bilang, Prabowo menolak hasil penghitungan suara karena pengaruh setan gundul. Soeharto juga pernah menyebut setan gundul. | Tito Sigilipoe /Beritagar.id

SYAITON | Penyebutan setan bisa muncul dalam dua situasi berbeda. Pertama, dalam ketakutan. Kedua, dalam kegusaran. Maka setan bisa menjadi ekspresi kejengkelan – atau malah ejekan. Termasuk setan gundul versi politikus Partai Demokrat Andi Arief pekan ini.

Menurut Andi, penolakan capres Prabowo Subianto terhadap hasil penghitungan suara Pilpres 2019 itu karena pengaruh kelompok setan gundul. Cara ini lebih aman ketimbang menyebutkan nama, karena bisa memancing gugatan.

Akan tetapi jika posisi seseorang kuat, seperti Presiden Soeharto pada 1996, penyebutan setan gundul punya dua maksud. Pertama, sebagai pancaran kekesalan. Kedua, sebagai upaya mengerdilkan lawan dengan tak mengakui identitas mereka.

Nah kita tunggu, dalam perjalanan menuju akhir pekerjaan Komisi Pemilihan Umum bakal muncul kejadian dan pernyataan aneh apa lagi.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR