KINERJA PLN

Wilayah mana yang dapat kompensasi listrik PLN

MTs Annajah, Jalan Ciledug Raya, Jakarta, saat listrik padam, Senin (5/8/2019). PLN akan memberikan kompensasi atas padamnya listrik awal bulan ini.
MTs Annajah, Jalan Ciledug Raya, Jakarta, saat listrik padam, Senin (5/8/2019). PLN akan memberikan kompensasi atas padamnya listrik awal bulan ini. | Muhammad Iqbal /Antara Foto

Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan memberikan kompensasi atas padamnya listrik Minggu-Senin (4-5/82019). Kompensasi tersebut akan diberlakukan pada pemakaian energi listrik bulan Agustus yang akan dibayar di bulan September.

Dalam pengumumannya di laman PLN disebutkan, untuk pelanggan pascabayar, kompensasi akan diberikan dalam bentuk pengurangan tagihan. Sedangkan untuk pelanggan prabayar, kompensasi akan diberikan dalam bentuk tambahan token saat pembelian. Untuk pelanggan premium, kompensasi diberikan sesuai Service Level Agreement (SLA) yang telah ditandatangani bersama.

Kompensasi itu akan diberikan sesuai Tingkat Mutu Pelayanan (TMP), dengan Indikator Lama Gangguan sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 27 Tahun 2017 tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya yang terkait dengan Penyaluran Tenaga Listrik oleh PLN.

Kompensasi akan diberikan sebesar 35 persen dari biaya beban untuk konsumen golongan tariff adjustment. Sedangkan konsumen golongan tarif yang tidak disesuaikan (nonadjustment), kompensasinya sebesar 20 persen dari biaya beban. Total kompensasi yang akan diberikan mencapai Rp865 miliar untuk 21,3 juta pelanggan.

Kompensasi diberikan kepada pelanggan di tiga provinsi. Yakni Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Jakarta meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur.

Sementara Banten daerah yang mendapat kompensasi adalah Kota Cilegon , Kota Serang, Kabupaten Serang (kecuali pulau panjang), Pandeglang, Lebak, Tangerang, sebagian Kota Tangerang Selatan, dan sebagian Kota Tangerang.

Jawa Barat kompensasi diberikan ke Depok, Bekasi, Bogor, Cikarang, Karawang, Gunung Putri, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Cimahi, Bandung, Majalaya, Garut, Sumedang, Indramayu, Tasikmalaya, dan Cirebon.

Untuk informasi kompensasi selanjutnya, bisa anda periksa di link ini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR