SOROTAN MEDIA

Xanana Gusmao datangi keluarga Habibie, berikan 2 pucuk surat

Presiden Pertama Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao atau Xanana Gusmao (kanan) bersama putra Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie, Ilham Akbar Habibie (kiri depan) menaburkan bunga saat berziarah ke makam Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (15/9/2019).
Presiden Pertama Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao atau Xanana Gusmao (kanan) bersama putra Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie, Ilham Akbar Habibie (kiri depan) menaburkan bunga saat berziarah ke makam Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (15/9/2019). | Nova Wahyudi /Antara Foto

Presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao, berziarah ke makam Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (15/9/2019).

Malam sebelumnya, Sabtu (14/9) Xanana berkunjung ke rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta. Xanana bertemu dan berbincang selama 30 menit dengan dua putra Habibie, Ilham Akbar dan Tareq Kemal.

Timor Leste merdeka pada 20 Mei 2002 setelah dalam referendum rakyat setempat lebih banyak memilih untuk berpisah dengan RI. Referendum tersebut berlangsung 30 Agustus 1999, pada masa pemerintahan BJ Habibie.

Ringkasan

  • Presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao, menyampaikan dua pucuk surat kepada keluarga BJ Habibie ketika melayat ke kediaman mendiang di Patra Kuningan, Jakarta, Sabtu (14/9/2019) malam.
  • Hal tersebut dikonfirmasi oleh putra kedua BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, yang ikut menerima kunjungan dari kawan lama sang ayah tersebut.
  • Thareq menyebut bahwa kemungkinan besar surat tersebut berisi tentang ungkapan duka cita atas kepergian Presiden ke-3 Republik Indonesia itu.
  • Sementara itu, pertemuan Xanana dengan perwakilan keluarga yang berlangsung sekitar 30 menit di dalam rumah mendiang bersifat silaturahmi kekeluargaan.
  • Thareq mengaku, pertemuan itu merupakan yang pertama kalinya bagi mereka, namun kesan humoris sudah ditampakkan oleh Xanana.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 4 pemberitaan, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 3 pemberitaan. selanjutnya tribunnews.com dengan 2 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 12:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 6 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 6432 interaksi, diikuti peringkat kedua kompas.com dengan 131 interaksi. Selanjutnya merdeka.com dengan 107 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR