RAMADAN 2019

Surat dari Jati Baru: Ramadan 2019

Ilustrasi: Ramadan
Ilustrasi: Ramadan | Salni Setyadi /Beritagar.id

Ramadan kembali tiba. Pemerintah mengumumkan awal puasa, 1 Ramadhan 1440 Hijriah adalah Senin, 6 Mei 2019.

Tahun ini umat Islam di Indonesia akan berpuasa selama 30 hari. Selama itu pula, kami akan menyajikan konten yang diharapkan dapat memperkaya ibadah puasa Anda.

Tema konten Ramadan kali ini tidak beranjak jauh dari kandungan Islam damai, Islam rahmatan lil alamin, yaitu: Merawat Kedamaian.

Merawat Kedamaian, menjadi sangat relevan ketika selama delapan bulan terakhir masyarakat terkuras energinya untuk melihat, mendengar, bahkan sebagian juga menjadi pelaku kontestasi politik pemilu 2019. Gesekan yang terjadi berpotensi merusak perdamaian.

Ramadan menjadi momentum untuk kembali menata hati, meluruskan jiwa, membangun kesadaran bahwa kita harus berdamai untuk satu kepentingan: Indonesia yang rukun dan bermartabat.

Seperti tahun-tahun yang lalu, kanal Ramadan kali ini, adalah hasil kerja sama dengan sejumlah media: Islami.co, Alif.id, Historia.id, NU Online, SuaraMuhaamadiyah.id dan kanal video Endeus.tv.

Media-media mitra tersebut akan menyajikan konten-konten Islam otentik dalam lingkup keindonesiaan. Sedang Endeus.tv akan menyajikan video tentang cara membuat menu masakan yang dibutuhkan untuk buka dan sahur.

Selain itu kami bekerja sama dengan PUSAD (Pusat Pengkajian Islam dan Demokrasi) Universitas Paramadina untuk menuliskan artikel seputar Bina damai dan Toleransi. Juga PPIM (Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat) Universitas Islam Nageri Syarif Hidayatullah Jakarta, untuk menuliskan artikel seputar pendidikan dan agama.

Kanal Ramadan juga akan diisi dengan artikel Figur beberapa tokoh Islam di Indonesia yang tidak pernah lelah berdakwah, menyebarkan pesan Islam damai. Sebagai pengingat waktu salat dan imsak, kami sampaikan jadwal salat selama Ramadan yang diolah oleh mesin.

Menjelang akhir bulan puasa, kanal Ramadan juga akan disertai dengan jalur mudik. Peta tersebut dilengkapi dengan poin of interest (POI) yang diperlukan saat mudik, antara lain: Masjid, Bengkel, SPBU, Restoran, ATM sampai Rest Area.

Demikian pembaca budiman. Kami berharap sajian kanal Ramadan 2019 ini bisa memenuhi informasi yang Anda butuhkan selama bulan puasa, dan kedamaian menyertai kita bersama.

Selamat menjalankan ibadah puasa.

Salam.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR