Surat dari Jatibaru: data dan perampingan redaksi

PISAH | Foto bersama pelbagai lini dalam Beritagar.id, Senin (21/10/2019), sebelum  awak redaksi meninggalkan ladang yang lama dengan pendekataan berbeda dari penggantinya, Lokadata.id
PISAH | Foto bersama pelbagai lini dalam Beritagar.id, Senin (21/10/2019), sebelum awak redaksi meninggalkan ladang yang lama dengan pendekataan berbeda dari penggantinya, Lokadata.id | Muhammad Imaduddin /Beritagar.id

Pembaca yang budiman,

Mulai hari ini, pembaca akan menemukan Beritagar.id dalam wajah yang berbeda: akan lebih banyak grafis, lebih banyak artikel tentang data.

Kami memang sedang melakukan perubahan untuk lebih fokus ke arah jurnalisme berbasis data, secara bertahap.

Kami percaya, data akan berperan kian penting dalam memberikan perspektif baru terhadap sebuah peristiwa atau tren. Data akan menjadi elemen jurnalisme yang sangat berharga di masa depan yang dekat.

Data sesungguhnya bukan hal baru bagi kami. Pengolahan data telah menjadi bagian dari pemberitaan dan model bisnis Beritagar.id, sejak dua tahun terakhir. Pengalaman ini memberi keyakinan, bahwa data akan makin berperan dalam pengambilan keputusan, baik di bidang bisnis, politik maupun pemerintahan. Karena itu kami percaya, layanan penyediaan dan pengolahan data akan terus tumbuh menjadi bisnis yang menjanjikan.

Seiring perubahan fokus pemberitaan tersebut, kami berencana mengubah nama situs Beritagar.id menjadi Lokadata.id, pada Desember 2019 mendatang. Perubahan ini akan menjadi bagian dari simbol semangat kami untuk melayani pembaca dengan suguhan yang lebih bergizi.

Selain artikel berbasis data, kami juga menyiapkan berbagai laporan khas seperti di Beritagar.id, termasuk hasil riset serta analisis mengenai dunia usaha, ekonomi serta politik.

Sebagai bagian dari ikhtiar untuk fokus pada jurnalisme data sekaligus efisiensi, kami terpaksa mengambil keputusan sangat berat: mengurangi jumlah awak redaksi. Sebanyak 17 jurnalis, termasuk para pendiri yang ikut berjuang merancang, memulai dan memperkaya konten Beritagar.id sejak hari ini harus berpisah-kantor dengan kami.

Untuk perjuangan dan dedikasi teman-teman, ucapan terima kasih saja tidak cukup. Hasil karya, jejak dan warna mereka akan tetap ada dan abadi pada Beritagar.id. Kami mengucapkan selamat berjuang dan berdoa untuk keberhasilan teman-teman.

Kehilangan teman-teman redaksi tentu akan sangat memengaruhi jumlah artikel yang bisa kami sajikan, untuk sementara. Namun, kami bisa janjikan bahwa mesin kecerdasan buatan — salah satu kekuatan kami selama ini — akan terus kami kembangkan untuk menghasilkan informasi yang lebih lengkap dan akurat.

Tabik.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR