10 Benda yang wajib ada di dalam mobil

Tak ada salahnya bersiap sedia.
Tak ada salahnya bersiap sedia. | Shutterstock

Kondisi lalu lintas buruk acap kali membuat Anda dan keluarga menghabiskan begitu banyak waktu di jalan. Karenanya Anda perlu memperhatikan benda-benda penting yang wajib tersedia di mobil.

  1. Kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Readers Digest melansir, isinya mencakup:
    • Pelindung seperti masker dan sarung tangan
    • Pembersih misal alkohol atau krim antiseptik untuk membersihkan luka dan mengurangi risiko infeksi
    • Kain kasa
    • Perban
    • Pereda rasa sakit
    • Antibiotik untuk mengantisipasi gejala lanjutan akibat luka
    • Gula batu atau permen untuk meningkatkan kadar gula agar tidak lemas
    • Iodin untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri
  2. Ketahui pula beberapa tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan seperti ditulis doktersehat.com.
  3. Baju ganti. Siapkan satu set pakaian untuk masing-masing anggota keluarga. Atasan, bawahan, pakaian dalam, juga kaus kaki. Kecuali Anda memiliki bayi dan balita yang biasanya punya tas khusus saat bepergian.
  4. Air. Usahakan bukan air mineral kemasan. Melainkan air minum yang Anda simpan dalam botol. Begini cara memilih botol minum yang aman.
  5. Kudapan. Biskuit, protein bar, atau kudapan lain kesukaan keluarga. Cukup membantu saat terjebak kemacetan cukup lama, terutama saat jam makan. Pastikan kemasannya tertutup rapat agar tak mengundang semut atau menyebabkan kudapan jadi tak enak dimakan.
  6. Uang. Sisipkan uang di beberapa bagian terpisah dalam mobil. Tak perlu sampai berjuta Rupiah, secukupnya saja untuk keperluan darurat. Sedia pula uang receh.
  7. Senter. Anda tak akan tahu kapan membutuhkannya. Akan lebih baik jika selalu sedia.
  8. Pengecas telepon seluler. Benda ini sudah umum dimiliki oleh pengguna ponsel pintar. Jika Anda belum memilikinya, segera beli dan simpan dalam mobil.
  9. Selimut dan handuk kecil. Seperti halnya pakaian, dua benda ini bisa jadi penyelamat saat darurat. Untuk handuk, Anda bisa pilih yang berbahan microfiber, lebih praktis karena cepat kering.
  10. Benda-benda lain yang juga perlu Anda sediakan dalam mobil di antaranya seperti dilansir Lifehacker adalah dongkrak dan kabel jumper.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR