10 tanda hubungan asmara Anda salah

Ilustrasi pasangan
Ilustrasi pasangan | Shutterstock

Hubungan asmara tidak ada yang sempurna. Pun mulus seperti jalan tol. Yang jelas, ada beberapa hal yang menandakan Anda memiliki hubungan cinta yang sehat dengan pasangan.

Seperti dilansir Vemale, ada enam tanda Anda berada di dalam hubungan yang baik, di antaranya, saling memberikan ruang untuk bertemu orang lain, apakah itu teman atau kerabat, lalu saling percaya. Selain itu, berkomunikasi efektif juga kunci sebuah hubungan, saling menghormati dan memaafkan.

Sara Dylan di Bustle menulis ada 10 kebiasaan pasangan yang menandakan mereka berada dalam hubungan yang kuat dan sehat. Seperti, tidak membandingkan orang lain dengan pasangan, memiliki waktu berdua yang berkualitas bukan kuantitas. Seks juga penting. Hubungan Anda sehat jika seks tetap hidup dan menarik.

Bagaimana bila tanda-tanda di atas tidak Anda temukan dalam hubungan Anda. Mungkin Anda berada dalam hubungan yang salah. Huffington Post melansir ada 10 tanda bila hubungan Anda tidak sehat yang justru menguras energi.

1. Anda terbelenggu

Ada banyak hal yang bisa Anda tetapkan dan pertahankan dalam hidup ini. Seperti, menentukan tujuan liburan tahun ini, mobil yang ingin Anda beli atau telepon pintar yang Anda pilih. Namun, kata konsultan pernikahan dan keluarga Virginia Gilbert, Anda tidak bisa mempertahankan pasangan yang tidak memberi Anda kepuasan secara emosional, intelektual dan seksual.

"Jujur kepada diri sendiri, apakah Anda takut sendiri, atau hanya menginginkan anak dan cincin kawin, tolong bantu diri Anda sendiri dan segera putuskan untuk keluar dari hubungan itu," ujarnya.

2. Anda sering dikritik

Pasangan seharusnya orang yang menemani saat Anda senang dan susah. Pasangan adalah sahabat kita dan pendukung kita terbesar. Jika bukan dukungan, malah kritik terus menerus maka itu adalah tanda Anda dalam masalah, kata Alicia H. Clark, psikolog yang menetap di Washington DC.

"Gurauan atau godaan sesekali wajar, namun jika terlalu sering, apalagi kerap mengkritik di depan teman dan keluarga sungguh membuat tidak nyaman," kata Clark. "Ini lebih dekat dengan intimidasi dibandingkan candaan. Sebuah sinyal pasangan Anda tidak memiliki hati untuk Anda."

3. Anda tidak berbagi tawa

Apakah dia diam saja saat Anda melempar lelucon? Atau sebaliknya? Mungkin ini terlihat hal kecil, namun sebenarnya masalah, kata Gilbert. Hidup itu berat. Anda membutuhkan seseorang yang mendukung dan membuat Anda tetap tersenyum saat ada masalah.

"Sangat tidak menyenangkan bila hidup super serius, apalagi bila Anda sedang menghadapi masalah," kata Gilbert. "Anda mungkin tidak harus bersama seseorang yang ceria sepanjang hari, tapi Anda harus memiliki pasangan yang bisa tertawa bersama."

4. Anda lebih senang berfantasi

Ketika Anda jatuh cinta, semua terlihat ringan saja dan menyenangkan. Anda mungkin berfantasi pasangan Anda akan berubah. Misalnya saja, dia tak menginginkan anak dan Anda berharap dia akan berubah.

Jangan terjebak dengan fantasi itu. Jika Anda lebih senang berfantasi maka Anda perlu segera sadar, kata Marina Sbrochi, konsultan asmara dan penulis buku Stop Looking for a Husband: Find the Love of Your Life. "Fantasi selalu lebih indah dari realita. Anda perlu segera sadar," katanya.

5. Anda tidak cocok dengan keluarga dia

Masa depan Anda dengan dia tidak bagus bila Anda tidak cocok dengan orang tua dan keluarganya. Apalagi, kata Gilbet, pasangan Anda selalu membela keluarganya dan tidak pernah mendukung Anda.

"Tanya kepada diri Anda, apakah Anda ingin berada di dalam keluarganya? Jika jawabanya tidak maka hidup Anda bisa jadi tidak bahagia," ujar Gilbert.

6. Anda merasa perilaku pasangan tidak sesuai ucapannya

Inkonsistensi antara perilaku dan ucapan pasangan adalah tanda hubungan Anda bermasalah. Apalagi bila Anda kerap bertanya-tanya apa yang pasangan lakukan bila tidak ada Anda, atau dia suka berbohong, mungkin Anda perlu mempertanyakan hubungan Anda, kata Clark.

7. Tujuan hidup Anda terdengar ganjil

Hubungan cinta yang baik adalah ketika Anda berdua menjadi mitra yang kuat. Sebagai pasangan, Anda harus tahu dan percaya kepada mimpi atau keinginan masing-masing. Dan bagaimana mencapai tujuan hidup itu. Bila Anda merasa ada yang ganjil atau aneh dengan mimpinya apalagi tidak percaya maka Anda perlu memutuskan hubungan itu.

8. Anda merasa tidak nyaman

Bila pasangan Anda membuat Anda tidak nyaman dan cemas, maka ini masalah, kata Clark. "Berhubungan dengan orang yang salah membuat Anda cemas dan tidak percaya diri," katanya. "Bila hubungan Anda benar, maka sebaliknya, Anda puas dan percaya diri."

9. Anda memikirkan orang lain

Bila Anda kerap memikirkan orang lain, misalnya, pacar waktu kuliah, maka ini masalah. "Tanya diri Anda lebih dalam, Apakah Anda tidak puas dengan pasangan sekarang, bila sudah ditemukan, maka Anda bisa memutuskan memperbaiki hubungan atau memutuskannya," kata Sbrochi.

10. Anda berubah demi kepuasan dia

Jika pasangan Anda melihat Anda sebagai "peliharaan" dia maka Anda berada dalam hubungan yang salah. Sepertinya Anda harus berubah sesuai keinginan dia. Bila Anda tidak bisa tampil sebagai diri Anda sendiri dan pasangan tidak bisa menerima untuk apa membina sebuah hubungan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR