11 jenis ciuman yang wajib Anda tahu

Berciuman merupakan bahasa yang universal sebagai wujud cinta kasih kepada orang lain.
Berciuman merupakan bahasa yang universal sebagai wujud cinta kasih kepada orang lain. | Shutterstock

Selain pelukan, ternyata berciuman merupakan cara yang paling indah untuk mengekspresikan cinta kepada orang lain. Berciuman dengan pasangan bisa menjadi hal manis, erotis, bergairah, atau tanda kasih sayang.

Berciuman merupakan bahasa yang universal sebagai wujud cinta kasih kepada orang lain. Hampir semua orang yang sedang berada dalam suatu hubungan asmara biasanya mau menerima atau memberikan ciuman kepada pasangannya. Selain itu, ciuman juga dapat digunakan sebagai cara untuk saling berkomunikasi dan memahami dengan pasangan.

Situs LittleThings.com menyebutkan sebelas jenis ciuman yang mengungkapkan rahasia hubungan Anda dengan kekasih. Inilah rangkumannya:

1. Ciuman lembut

Ciuman yang lembut yang dilakukan pasangan dengan cara menempelkan bibir tanpa menekan sedikit pun. Bibir adalah bagian tubuh manusia yang sangat sensitif karena menjadi tempat ujung-ujung saraf. Tanpa tekanan pun bibir akan bisa meneruskan informasi ke otak untuk melakukan aksi selanjutnya.

Ciuman lembut seperti ini biasanya merupakan awal mula dari keintiman antara dua orang yang sedang jatuh cinta. Setelah dua orang itu merasa nyaman, berbagai aksi dan reaksi bisa menentukan langkah apa yang selanjutnya akan dilakukan.

2. Ciuman mematuk

Ciuman kilat seperti mematuk biasanya dilakukan oleh orang yang masih coba-coba. Orang yang baru pertama kali mencium pasangannya juga biasanya melakukan ciuman gaya mematuk. Kedua bibir biasanya mengatup, lalu ditempelkan pada bibir pasangan yang juga dalam posisi menutup.

Ciuman gaya ini merupakan semacam ajang untuk menguji seberapa dalam rasa cinta seseorang. Ini bisa menjadi pertanda apakah hubungan dua orang bisa dilanjutkan atau tidak. Jika orang yang dicium menolak atau memalingkan wajah, kemungkinan besar dia merasa tidak nyaman dengan hubungan yang sedang mereka jalani.

3. Ciuman bibir tunggal

Ciuman bibir tunggal biasanya adalah kelanjutan dari ciuman gaya mematuk. Satu orang mencium bibir pasangannya tanpa mendapat balasan. Ciuman jenis ini memang lebih intim daripada ciuman gaya mematuk karena pasangan ini memilih untuk fokus pada satu bagian dari bibir mereka.

Ada yang mengatakan bahwa ciuman bibir tunggal adalah ciuman cinta sejati. Anda percaya?

4. French Kiss

Ketika sepasang kekasih terlibat dalam French Kiss, mereka masing-masing mengulum bibir pasangan bersama-sama. Mereka kemudian melakukan eksplorasi agar bisa mengetahui bagaimana rasa cinta pasangannya.

Ketika kata-kata sudah tidak bisa mengungkapkan bagaimana besarnya rasa cinta, French kiss merupakan cara untuk mengungkapkannya.

5. Ciuman ceroboh

Ciuman tergesa-gesa ini menunjukkan energi seksual dari dua orang sehingga mereka tidak bisa mengatur irama. Pria cenderung untuk mengekspresikan ciuman basah yang ceroboh kepada pasangannya. Namun, bukan berarti wanita tidak menikmatinya.

Ciuman jenis ini biasanya kemudian dengan cepat mengarah ke aktivitas bercinta.

Ciuman pipi mengungkapkan rasa sayang terhadap pasangan
Ciuman pipi mengungkapkan rasa sayang terhadap pasangan | Shutterstock

6. Ciuman pipi

Ciuman jenis ini tidak tidak hanya dilakukan antara orang-orang yang jatuh cinta. Cium pipi bisa juga dilakukan oleh sesama teman dalam beberapa budaya.

Cium pipi yang cepat menunjukkan persahabatan dan penghormatan dan merupakan pesan bahwa orang yang mencium menyukai orang yang dicium.

Meski demikian, ciuman jenis ini tidak selalu berarti adanya hubungan romantis antara satu orang dengan yang lainnya. Jika dilakukan oleh sepasang kekasih yang sudah lama menjalin asmara, cium pipi menunjukkan bahwa mereka masih mempunyai ikatan cinta yang kuat.

7. Ciuman mulut tertutup

Ciuman mulut tertutup nyaris sama dengan ciuman gaya mematuk yang kilat. Biasanya dilakukan lebih lama oleh dua orang yang saling menutup mulut mereka tanpa membukanya sama sekali. Ciuman jenis ini menunjukkan bahwa dua orang itu mungkin tidak nyaman saat berciuman. Kedua orang ini sebaiknya melakukan komunikasi untuk meruntuhkan dinding emosional yang menghalangi keduanya untuk lebih mesra.

8. Ciuman kupu-kupu

Ciuman kupu-kupu adalah salah satu ciuman termanis dan unik. Ciuman ini sama sekali tidak melibatkan bibir.

Untuk melakukan ciuman kupu-kupu, dua orang harus menghadapkan mukanya satu sama lain sehingga kelopak mata keduanya nyaris bersentuhan sebelum akhirnya sama-sama mengedipkan bulu mata mereka.

Jika dilakukan dengan benar, rasanya seperti sedang dicium oleh sayap yang lembut. Ciuman kupu-kupu adalah simbol cinta remaja karena biasanya orang dewasa tidak melakukannya lagi.

9. Ciuman malaikat

Angel kiss atau ciuman malaikat menunjukkan keintiman yaitu ketika Anda mencium lembut kelopak mata menggunakan ujung bibir Anda.

Dalam hal ini, ciuman malaikat merupakan bentuk ciuman yang bertujuan untuk menghibur atau bentuk kasih sayang. Ciuman ini juga merupakan simbol perlindungan dari orang yang mencium kelopak mata.

10. Ciuman pagutan

Ketika dua orang saling menggigit bibir pasangannya tanpa mengeluarkan darah, itulah ciuman pagutan yang menunjukkan gairah fisik yang kuat antara dua orang yang saling mengasihi.

Pasangan yang suka saling memagut kadang suka bercanda di ranjang sebagai pemanasan sebelum bercinta.

11. Ciuman Spiderman

Dalam salah satu adegan film Spiderman, bintang film Tobey Tobey Maguire dan Kirsten Dunst memperkenalkan jenis ciuman baru. Saat itu Peter bergantung dengan posisi kepala di bawah ketika Mary melepas topeng hanya untuk mendapatkan bibir sang pahlawan dan kemudian menciumnya dengan penuh gairah.

Bagi orang awah, ciuman jenis ini bisa dilakukan dengan cara berbaring, bukan bergantung.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR