13 hal yang penting dilakukan pada usia 20-an

Ilustrasi orang bahagia pada usia 20-an
Ilustrasi orang bahagia pada usia 20-an | Shutterstock

Momen-momen bahagia Anda mungkin paling banyak ketika usia 20-an. Coba Anda ingat-ingat. Sebab, menurut sebuah studi, masa paling bahagia seseorang adalah pada usia 20-an.

Peneliti University of New South Wales Dr Iona Ramia, dilansir Independent, menemukan bahwa kepuasan hidup mengikuti kurva U. Paling bahagia dan puas pada usia 20-an lalu turun usia 40-an dan naik lagi ketika usia 65 tahun.

Sebuah tulisan di Elite Daily menyebutkan setidaknya ada enam alasan mengapa kita bahagia pada usia 20-an. Di antaranya, kita lebih fit dan metabolisme masih cepat; kurang tanggung jawab, seperti tidak perlu membayar keperluan rumah (untuk yang masih tinggal dengan orang tua) dan tak peduli dengan karier.

Bagi Anda yang berada pada usia 20-an, Popsugar melansir, jangan buang-buang waktu. Segera lakukan 13 hal ini ketika Anda masih 20-an.

1. Jaringan

Buatlah jaringan pertemanan sebanyak-banyaknya. Dengan banyak teman kita punya banyak peluang. Menurut Karan Jaiswani usia 20-an adalah pondasi Anda pada masa depan.

2. Membaca

Tidak ada yang lebih produktif dari membaca. Baca apa saja yang Anda suka, berita terbaru, nonfiksi, fiksi, buku tentang karier atau motiviasi. "Ini akan membuka wawasan dan menumbuhkan ide." kata Rizwan Aseem.

3. Merawat tubuh

Cuci muka Anda, olahraga, karena ini adalah investasi untuk diri Anda di masa depan. Menurut Aseem, tubuh Anda tidak bisa diganti atau ditukar dengan yang baru, jadi rawatlah.

4. Gunakan waktu dan uang untuk pendidikan

Pendidikan adalah hal penting yang tidak mungkin Anda sesali. Gunakan uang untuk memperluas cakrawala dan menambah pengetahuan, terutama untuk karier yang Anda pilih.

5. Perhatikan kesehatan mental

Selain kesehatan fisik, merawat kesehatan mental dan pikiran juga penting. "Pikiran seperti otot, gunakan atau Anda akan kehilangan kemampuannya," kata Assem.

6. Pelajari keahlian baru

Ikuti hasrat atau keinginan Anda. Bila sudah ada jawabnya perdalam dan asah terus keahlian itu.

7. Miliki kebiasaan baik

Memiliki kebiasaan baru yang baik memang sulit, tapi bila berhasil melakukannya Anda akan puas.

8. Bangun hubungan yang berarti

Bangun hubungan dengan teman-teman yang cocok dengan Anda. Teman-teman yang membawa hidup Anda lebih baik dan positif. Teman yang bisa membantu dan mendukung Anda meraih tujuan hidup.

9. Makan makanan sehat

Cobalah untuk menerapkan pola makan yang baik dan akhirnya membuat Anda tetap sehat. Ini penting untuk tubuh Anda pada masa depan.

10. Bangun sistem keuangan

Duduk dan renungkan bagaimana Anda menghabiskan uang. Apa saja yang Anda belanjakan. Anda perlu memikirkan bagiamana menyekolahkan anak nanti atau membantu orang tua bila sakit.

Hal-hal yang perlu dihindari; menggunakan kartu kredit berlebihan dan tidak menabung.

11. Jalan-jalan

Pada usia 20-an Anda masih punya banyak energi jadi gunakanlah. Perkaya pengalaman Anda dengan melihat negara lain dan kebudayaan baru. Anda akan belajar banyak dari pengalaman ini.

12. Berkomunikasi dengan orang yang Anda cintai

Anda perlu mengingat hari ulang tahun seseorang yang Anda cintai, apakah itu pasangan, sahabat dan keluarga Anda. Kirim pesan atau telepon mereka setiap kali Anda punya waktu.

13. Renungkan keinginan Anda

Pada usia 20-an banyak dari kita hidup santai. Hanya menjalani saja. Padahal merenung atau kontemplasi sangat penting. Cari waktu untuk sendiri dan merenungkan apa yang Anda inginkan dalam hidup ini. Bila sudah ada jawabnya, pikirikan untuk meraihnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR