4 Cara hadapi ibu mertua yang menyebalkan

MITRA: Woman Talk
Ilustrasi stres
Ilustrasi stres | VEERAPONG CHAPARUNGSRI /Shutterstock

Membangun hubungan yang baik dengan ibu mertua merupakan tantangan tersendiri bagi perempuan.

Berikut beberapa langkah mengatasi hubungan yang kurang harmonis dengan ibu mertua:

1. Menikmati waktu senggang

Bila Anda masih tinggal dengan mertua, ini menjadi langkah paling penting untuk mengurangi rasa sebal dengan ibu mertua. Susun rencana jalan-jalan bersama pasangan untuk menikmati waktu senggang. Berlibur dengan pasangan bisa menjadi kesempatan Anda untuk menceritakan apa yang dirasakan secara terbuka, dengan begitu tidak ada sesuatu lagi yang disembunyikan tentang masalah Anda kepada suami tersayang.

2. Belajar darinya
Mungkin ini terdengar sedikit 'menjilat', tetapi tenang saja, intinya Anda sedang berusaha, kok! Anda bisa belajar dari mertua Anda untuk merebut hatinya. Misalnya, ketika Anda memasak dan mendapat pujian, bilang pada suami Anda, kalau resepnya diajari oleh ibu mertua. Dijamin pujian ini akan meluluhkan hati ibu mertua perlahan.

3. Menjauh

Sering kali perasaan seseorang dapat berubah-ubah, begitu juga mertua. Kalau Anda sudah melihat gerak-gerik mertua yang sedan sensitif, sebaiknya Anda menghindar. Bertindaklah seolah-olah Anda tidak tahu apa-apa yang sedang terjadi. Hal ini berguna untuk menghindari Anda dari konflik yang umum terjadi bila mertua sedang sensitif.

4. Curhat dengan orang tua sendiri
Mungkin masalah yang Anda alami dengan mertua sudah terlalu berat, ini saatnya Anda untuk berbicara dengan orang tua sendiri. Tidak lupa minta saran dan pesan dari orang tua Anda, ya! Dengan bercerita, perasaan Anda akan lebih tenang dan nasihat dari orang tua sendiri bisa memberikan semangat untuk Anda dapat menghadapi mertua lebih bijak lagi.

Sikap mertua memang bisa menyebalkan, tetapi mau bagaimana lagi? Namanya sudah berkomitmen pada sebuah pernikahan, Anda harus menerima konsekuensinya. Pastikan Anda menerima dengan lapang dada, selama Anda melakukan yang terbaik. Selalu ingat kembali, kalau mertua Anda sudah sama berharganya seperi orang tua sendiri.

MITRA: Woman Talk
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR