HUBUNGAN SOSIAL

5 Alasan mematuhi etiket menonton di bioskop

MITRA: Woman Talk
Ilustrasi menonton bioskop
Ilustrasi menonton bioskop | Jacob Lund /Shutterstock

Meski sudah membeli tiket untuk menonton di bioskop, ada beberapa etiket yang perlu dipatuhi. Sayangnya, tingkat kesadaran atas etiket menonton di bioskop masih rendah. Padahal, etiket tersebut dibuat untuk tidak mengganggu penonton-penonton lain dan tidak merugikan produksi film, yang telah mengeluarkan uang banyak untuk membuat sebuah film. Lalu, etiket apa saja yang wajib dipatuhi dan alasannya? Simak berikut ini.

1. Tidak boleh merekam apapun di dalam bioskop
Di era digital saat ini, semua orang mulai berlomba-lomba berbagi informasi, termasuk saat nonton di bioskop. Tidak jarang, ada saja mereka yang masih merekam, termasuk film pendek yang suka disajikan beberapa film. Merekam cuplikan film bioskop di Instagram Stories dan berbagai media sosial lain bisa membuat Anda dipenjara.

2. Membawa anak dan balita saat menonton di bioskop
Tidak semua film bisa dinikmati dan dimengerti oleh anak kecil. Selain itu, hindari juga membawa balita saat menonton bioskop. Membawa balita di dalam bioskop, bisa menganggu pendengarannya.Belum lagi ketika mereka menangis, Anda harus segera membawanya keluar karena akan menganggu penonton lain.

3. Komentar tentang film dengan suara keras
Bila Anda ingin memberikan komentar tentang film kepada teman Anda boleh saja, namun berbicara dengan pelan. Apalagi, bila Anda ingin mengomentari setiap adegan dalam film, tentu akan membuat penonton lain kesal dan terganggu.

4. Membawa makanan dengan aroma yang pekat
Tidak ada yang melarang membawa makanan ke dalam bioskop. Namun, Anda harus menghormati penonton lain dengan tidak membawa makanan yang beraroma pekat. Misalnya, membawa es duren, terasi, atau makanan lainnya.

5. Main ponsel sepanjang film
Memang Anda sudah membayar tiket untuk nonton film di bioskop. Namun, Anda tidak membayarnya untuk menonton sendirian alias private. Jadi, Anda perlu menghormati penonton lain dengan tidak bermain ponsel di dalam bioskop. Apalagai studio bioskop biasanya gelap sehingga cahaya dari LCD ponsel Anda bisa menganggu penonton lain.

MITRA: Woman Talk
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR