5 Makanan yang memudahkan Anda cepat tidur malam

Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur | Rido /Shutterstock

Tidur seharusnya menjadi proses beristirahat yang sangat sederhana, Anda merebahkan tubuh di atas kasur, menutup mata, dan jatuh tertidur. Sangat mudah. Bahkan, hewan pun bisa melakukannya.

Namun, sejumlah riset mengungkapkan bahwa semakin banyak manusia modern mengalami masalah sulit tidur atau insomnia.

Sebuah pengumpulan suara yang dipublikasikan oleh Royal Society for Public Health di Inggris mengungkapkan bahwa rata-rata manusia berusia dewasa tidur kurang dari 6,8 jam.

Menurut National Health Service manusia dewasa harus mendapatkan tidur selama tujuh sampai dengan sembilan jam setiap malam.

Sebab, tidur merupakan proses istirahat untuk mengembalikan stamina dan energi yang telah terkuras selama beraktivitas setiap hari.

Kurang tidur bisa mengakibatkan stres, pegal-pegal, gangguan emosional, jantung, dan masih banyak lagi.

Salah satu cara instan yang sering diaplikasikan banyak orang untuk menanggulangi masalah sulit tidur adalah mengonsumsi obat tidur. Cara ini jika dilakukan setiap hari, tentunya menimbulkan efek negatif pada kesehatan tubuh Anda.

Oleh karena itu, cobalah untuk menerapkan siasat yang lebih natural dan tidak membahayakan tubuh Anda, yaitu mengonsumsi makanan dan minuman yang memberikan efek cepat mengantuk.

Berikut beberapa jenis makanan yang diklaim bisa membuat Anda lekas terlelap di malam hari:

Kacang kenari

Kenari mengandung melatonin, yaitu hormon yang mendatangkan rasa kantuk.

"Tubuh manusia secara otomatis memproduksi melatonin ketika waktu malam. Mengonsumsi makanan yang tinggi melatonin dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan santai," jelas W. Christopher Winter, M.D., seorang konsultan masalah tidur dan penulis buku berjudul The Sleep Solution.

Winter menganjurkan untuk mencamil segenggam kacang kenari lebih kurang satu atau dua jam sebelum waktu tidur.

Ikan salmon

Ikan dengan warna khas merah muda ini adalah sumber utama asam lemak omega-3. Hasil studi yang dipublikasikan oleh Journal of Sleep Research menjelaskan bahwa mengonsumsi salmon membuat tidur lebih nyenyak. Penelitian yang dilakukan terhadap partisipan anak ini juga efektif diterapkan pada orang dewasa.

Para peneliti memprediksi bahwa tubuh dengan asupan omega-3 yang cukup dapat meningkatkan melatonin yang memudahkan Anda untuk tidur.

Makanan laut lainnya yang juga mengandung asam lemak omega-3 adalah sarden, tiram, udang, lobster, dan tuna.

Telur

Kandungan vitamin D sangat tinggi. Menurut sejumlah riset, vitamin tersebut bisa mengatasi tubuh yang mengalami sulit tidur.

Salah satu studi yang dirilis oleh Sleep menemukan bahwa laki-laki yang kekurangan vitamin D berpotensi mengalami gangguan tidur dan kurang tidur.

Studi tidak menguraikan penjelasan lebih lanjut, tetapi bisa jadi vitamin D mengaktifkan bagian otak yang berperan penting dalam mendatangkan rasa kantuk.

Namun, apabila Anda tidak suka telur, Anda bisa mencoba makanan lain yang merupakan sumber vitamin D, seperti daging sapi, hati sapi, jamur, ikan laut, dan yoghurt.

Minum air putih tiga liter

Air putih merupakan bahan bakar yang efektif untuk tubuh menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. Jadi, sangat penting untuk menjaga agar asupan air dalam tubuh tetap dalam kadar normal.

Air putih juga efektif untuk detoksifikasi, melancarkan pencernaan, nutrisi kulit, dan rambut. Komposisi air yang seimbang dalam tubuh dipercaya memudahkan Anda untuk cepat tidur di malam hari.

Pakar mengutarakan bahwa ukuran normal konsumsi air per hari adalah tiga liter.

Herbal

Mengonsumsi herbal adalah langkah paling aman untuk praktek kesehatan jangka panjang. Selain itu, herbal juga membuat tubuh lebih kuat dan secara natural meningkatkan imun tubuh.

Sesuai dengan anjuran Ayurveda yang dilatari penelitian modern, perawatan herbal mengonsumsi Guduchi dapat meningkatkan kekebalan tubuh, Tulsi untuk mengatasi gangguan pernafasan, dan Brahmi berguna meningkatkan kemampuan kognitif Anda.

Lalu, teh Scullcap yang mampu membantu menenangkan syaraf dan melepaskan stres. Minumlah saat malam hari. Hasil lebih optimal jika diciampurkan dengan bunga Passion Flower yang mengandung zat sedatif.

Ingat, untuk menerapkan perawatan herbal ini, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau pakar herbal berlisensi resmi.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR