5 Manfaat ikan bandeng yang jarang diketahui

MITRA: Woman Talk
Ilustrasi ikan bandeng
Ilustrasi ikan bandeng | TheFarAwayKingdo /Shutterstock

Ikan bandeng identik dengan perayaan Imlek. Banyak yang merayakan malam tahun baru Imlek dengan berkumpul bersama keluarga dan menikmati berbagai hidangan dengan menu wajib ikan bandeng.

Tidak hanya jadi menu wajib perayaan Imlek, ikan bandeng ternyata punya banyak manfaat.

Mengandung gizi dan nutrisi

Ikan bandeng tidak hanya enak dan lezat rasanya, tapi ikan ini memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram ikan bandeng terkandung 20 gram protein, 4,8 gram lemak, dan 123 kalori energi. Selain itu juga mengandung 20 miligram (mg) kalsium, 150 mg fosfor, 2 mg zat besi, 67 mg natrium, 271,1 mg Kalium, 45 mikrogram (mcg) vitamin A, 0,05 mg vitamin B1, dan 0,2 mg vitamin B2.

Mencegah penyakit jantung koroner dan kolesterol

Kandungan turunan asam lemak omega 3 berupa ERA dan DHA bisa membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah sehingga serangan jantung koroner pun bisa dicegah. Selain itu, asam lemak ini juga bersifat hipokolesterolemik yang bisa menurunkan kadar kolesterol.

Baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin

Ikan bandeng merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Ini baik untuk ibu hamil dan janin yang membutuhkan banyak protein untuk pembentukan tulang serta kecerdasan otak. Asam lemak tidak jenuh dalam ikan bandeng baik untuk pertumbuhan sistem saraf, otak, dan kecerdasan janin serta mencegah depresi pada ibu hamil.

Menunjang fungsi tulang dan gigi

Anda yang gemar makan ikan bandeng terlebih yang dipresto sehingga tulangnya bisa dimakan akan mendapatkan sejumlah kalsium yang baik untuk fungsi tulang dan gigi. Untuk menikmati ikan bandeng presto yang sudah dikemas, Anda cukup mengukus atau goreng sebentar saja dan bisa Anda nikmati.

Menjaga fungsi penglihatan dan kekebalan tubuh

Ikan bandeng juga berkhasiat menjaga mata serta meningkatkan kekebalan tubuh lewat kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada ikan bandeng.

MITRA: Woman Talk
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR