5 ritual sebelum tidur yang membuat bahagia

Membaca buku sebelum tidur akan membuat hari jadi menyenangkan.
Membaca buku sebelum tidur akan membuat hari jadi menyenangkan. | shutterstock.com

Bahagia itu sederhana. Tentu Anda sering mendengar kalimat ini. Tapi faktanya tidak semua orang mudah merasakan bahagia. Ada hal yang menjadi penyebab Anda tidak merasa bahagia. Tapi meski tidak mudah, bukan berarti Anda menyerah begitu saja dan membiarkan diri merasa tidak mengecap kebahagiaan.

Daniele Boido, penulis The Human Being Of The Future mengatakan bahwa membersihkan emosi negatif dan meningkatkan hubungan bisa membantu menciptakan kehidupan yang lebih bahagia.

Dilansir Menshealth, Daniele memberikan tip untuk membuat Anda lebih bahagia dari sisi pendekatan psikologis. Namun, sebenarnya Anda bisa mendapatkan rasa bahagia setiap hari dengan melakukan ritual sederhana, seperti dilansir dari Lifehack.

Mulailah melakukan kegiatan positif ini sebelum Anda tidur. Jauhkan televisi atau gawai. Lakukan saja kegiatan berikut ini.

Membaca

Selain menambah ilmu dan membuka wawasan, membaca juga bisa membuat Anda bahagia. Tapi tentu bukan membaca koran, majalah atau media sosial. Bacalah artikel atau kisah yang menginspirasi. Dengan begitu, Anda akan terpancing untuk memiliki imajinasi dan motivitas hidup yang positif.

Meditasi

Luangkan waktu sejenak. Anda hanya perlu waktu 5-10 menit untuk bermeditasi sebelum tidur. Meditasi digunakan untuk menenangkan pikiran dan melatih otak. Meditasi juga dipercaya dapat mengurangi stres, depresi, tidur lebih lelap dan risiko stroke serta serangan jantung. Anda bisa melakukan yoga, misalnya. Huffington Post, menuliskan gerakan yoga yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Tulis rencana

Mengetahui apa yang Anda kerjakan keesokan hari akan menimbukan efek tenang dan lebih santai. Anda tidak lagi terburu-buru. Sebab, Anda sudah menuliskan rencana untuk besok sehingga dapat mengatur waktu dengan baik.

Lakukan hobi yang santai

Kalau Anda punya hobi mewarnai ketika kecil, maka saran dari para ahli lakukan lagi hobi tersebut. Sebab, orang yang gemar mewarnai seperti dilansir Lifehack, lebih mudah merasa bahagia dan kreatif.

Dengan bersantai dan melakukan hobi sebelum tidur, maka Anda telah mengembalikan energi positif keesokan harinya. Pilihlah kegiatan yang bisa membuat Anda tenang dan santai. Lakukan hal tersebut sebelum Anda terlelap.

Pisang atau cokelat hangat

Anda tidak lagi makan sebelum tidur. Ya itu memang baik. Tapi ternyata menikmati makanan dan minuman sehat sebelum tidur akan membuat Anda lebih bahagia. Dilansir Healthysimpellife, 5 alasan ini akan membuat Anda tidak merasa berdosa ketika makan malam.

Buatlah secangkir cokelat hangat, teh herbal, madu atau makan pisang. Makanan dan minuman tersebut akan membantu Anda tidur lebih berkualitas.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR