6 alasan menyisihkan gaji untuk liburan

MITRA: Job planet ID
Ilustrasi menabung untuk liburan
Ilustrasi menabung untuk liburan | Surasaki /Shutterstock

Untuk menjadi orang yang berhasil, setiap karyawan diharuskan memiliki etos kerja yang tinggi. Tapi Anda jangan lupa, kerja terus-menerus tanpa memikirkan liburan juga bisa membuat hidup jadi membosankan.

Di awal perjalanan karier, gaji Anda mungkin masih belum seberapa. Sementara Anda sudah mulai memikirkan masa depan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi, memiliki gaji pas-pasan bukan berarti Anda tidak bisa bersenang-senang.

Dengan perencanaan yang baik, Anda tetap bisa menabung untuk pergi berlibur. Tidak percaya? Simak enam hal di bawah ini.

1. Bekerja terlalu diforsir tidak menyehatkan

Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi tidak boleh diabaikan. Kerja keras memang perlu, tapi kenali batasannya. Akhir pekan dan hari libur lainnya harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk istirahat atau pergi berlibur. Karena kalau Anda terlalu memforsir diri dalam bekerja, Anda bisa kelelahan, jatuh sakit, dan akhirnya pekerjaan Anda malah jadi terganggu.

2. Liburan tidak harus mahal

Jangan biarkan masalah biaya menghalangi keinginan berlibur Anda. Liburan tidak perlu memakan biaya besar. Bahkan untuk bepergian naik pesawat Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga miring.

Rencanakan saja liburan Anda dari jauh-jauh hari sambil rajin berburu tiket promo. Jadi, saat tiket pesawat sudah di tangan, Anda masih punya banyak waktu untuk mengumpulkan uang untuk mengisi liburan Anda di kota atau negara tujuan.

Jika Anda bekerja di maskapai penerbangan, Anda lebih beruntung lagi. Anda dan keluarga bisa mendapat tiket pesawat dengan potongan harga tinggi, atau bahkan gratis! Meski begitu, kebijakan setiap maskapai terkait hak karyawan atas tiket konsesi ini beragam. Untuk itu, Anda harus mengeceknya lebih dulu di sini.

3. Liburan menjadi sumber motivasi

Setiap orang biasanya lebih termotivasi bekerja kalau ada imbalan. Nah, dalam hal ini liburan bisa dianggap sebagai imbalan atas kerja keras Anda selama ini. Karenanya, rencana liburan dapat memotivasi Anda untuk bekerja lebih giat dan semangat berangkat ke kantor. Anda juga jadi belajar lebih berhemat agar nantinya bisa mengantongi uang yang cukup untuk bersenang-senang di tempat liburan.

4. Melancong membuat Anda belajar banyak hal

Berkunjung ke tempat baru, apalagi dengan budaya yang berbeda dari tempat asal Anda akan membuka mata dan cara berpikir Anda. Terlebih kalau Anda berinteraksi dengan penduduk setempat, Anda bisa belajar memahami perbedaan, dan dalam kondisi tertentu juga bisa belajar untuk lebih bersyukur.

5. Produktivitas kerja meningkat

Pergi berlibur secara langsung akan menghilangkan kejenuhan dari pekerjaan di kantor. Dengan berlibur ke pantai atau gunung misalnya, Anda bisa mendapat banyak inspirasi. Nah, nantinya seusai me-recharge tenaga, Anda akan lebih siap kembali ke rutinitas kantor.

Beberapa perusahaan sangat memahami pentingnya liburan bagi produktivitas karyawan. Oleh karena itu, mereka menjadikan acara liburan bersama karyawan sebagai salah satu kegiatan rutin perusahaan. Siapa yang tidak mau jalan-jalan tanpa mengeluarkan biaya?

Anda ingin liburan gratis juga seperti karyawan Bank Mandiri dan Toyota Astra Motor? Temukan perusahaan lainnya yang memberikan keuntungan serupa hanya di Jobplanet.

MITRA: Job planet ID
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR