HIDUP SEHAT

6 Hal penting seputar celana dalam

Berikut 6 aturan seputar celana dalam yang sebaiknya jadi pertimbangan sebelum Anda membeli celana.
Berikut 6 aturan seputar celana dalam yang sebaiknya jadi pertimbangan sebelum Anda membeli celana. | Shutterstock

Sebelum Anda memborong celana dalam murah, periksa dulu bahan dan modelnya. Salah celana dalam dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Berikut 6 aturan seputar celana dalam yang sebaiknya jadi pertimbangan seperti dilansir Health.com.

Hindari celana dalam yang terlalu ketat

Tak hanya soal kenyamanan dalam jangka waktu lama. Menggunakan celana dalam ketat tidak sehat bagi vagina karena membatasi sirkulasi udara di sekitarnya. "Celana dalam berbahan katun adalah yang terbaik sirkulasi udaranya," jelas ginekolog Melissa Goist dari The Ohio State University Wexner Medical Center.

Pilih bahan yang tepat

Bahan sintetis cenderung menahan kelembaban hingga dapat menimbulkan iritasi kulit. Di sisi lain, bahan katun memang direkomendasikan karena nyaman, namun terkadang bentuknya tak sedap dipandang. Misal, karena menimbulkan bekas di balik rok yang Anda kenakan. Jalan tengah yang dapat Anda lakukan, memilih celana dalam berbahan polyester, nylon, lycra atau spandex. Melekat pas di tubuh namun masih memiliki kandungan materi katun hingga tetap nyaman.

Ganti secara rutin

Tak sekadar menggantinya setiap Anda mandi, perhatikan juga kelembaban udara di sekitar Anda. Hindari duduk terlalu lama saat berkeringat. Atau setelah Anda berolahraga. Pastikan Anda juga mengganti celana dalam pada dua situasi di atas. Ini berlaku tak hanya bagi Anda yang sensitif terhadap infeksi. Perhatikan juga kondisi celana dalam Anda. Jika karetnya sudah rusak, dapat bergeser ke sana kemari menimbulkan gesekan pada kulit di sekitar alat kelamin. Sebaiknya Anda tahu kapan waktunya mengganti celana dalam baru.

Tentang thong

Karena desainnya, thong berpotensi menimbulkan transmisi bakteria ke dalam vagina dan meningkatkan risiko infeksi saluran kencing. Batasi penggunaan thong hanya ketika Anda benar-benar membutuhkannya. Misal saat mengenakan dress atau rok berpotongan pas badan.

Pelajari noda pada celana

Tak perlu merasa sungkan apalagi jijik. Karena noda di celana dalam Anda dapat menyimpan pesan yang berhubungan dengan kesehatan. Ada baiknya Anda tahu bagaimana cara menguranginya, juga cara membersihkan celana yang terkena noda tersebut, seperti dipaparkan dalam ebuah tulisan di Jezebel.

Kapan sebaiknya tak bercelana dalam

Elite Daily mencatat 11 alasan mengapa tak mengenakan celana dalam pada saat tertentu adalah pilihan terbaik. Antara lain, Anda akan merasa lebih nyaman dan leluasa bergerak. Selain itu perlu diketahui bahwa sebenarnya tak ada hubungan antara tak bercelana dan infeksi yang menjangkit. Saat Anda tak mengenakan celana dalam, malah dapat membantu mencegah infeksi. Jika ini hal baru bagi Anda, saat paling aman mencobanya adalah menjelang tidur.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR