6 hal yang patut diketahui ibu hamil

Ada beberapa hal yang tidak dikatakan kepada ibu hamil.
Ada beberapa hal yang tidak dikatakan kepada ibu hamil. | shutterstock.com

Ketika hamil, ada beberapa hal yang tidak banyak diketahui ibu hamil. Sehingga munculnya beberapa pendapat yang ternyata keliru. Misalnya tentang ibu hamil disarankan makan banyak karena saat hamil artinya makan untuk dua orang, yaitu ibu dan bayi yang dikandung.

Apa saja yang terlewatkan disampaikan kepada perempuan ketika hamil. Seperti dilansir Parents, berikut enam hal yang ibu hamil patut tahu seputar perubahan tubuh serta emosi selama kehamilan.

Tidak makan untuk dua orang

Hamil, bukan artinya Anda bebas makan apa saja dan sebanyak-banyaknya. Saran dari orang terdekat yang mengatakan saat hamil porsi makan menjadi dua kali lipat karena makan untuk dua orang, itu tidak tepat.

Ayahbunda melansir, jika biasanya Anda membutuhkan 1800-1900 Kalori per hari, maka saat hamil Anda membutuhkan 2100-2200 Kalori per hari untuk menunjang tumbuh kembang janin.

Meski tidak nyaman tapi hamil itu menyenangkan

Mungkin selama ini Anda terlalu sering mendengar keluhan dari para ibu hamil lainnya. Mulai dari mual, muntah pada pagi hari, tidak selera makan, sakit pinggang hingga masalah konstipasi.

Ya, memang itu beberapa hal yang akan membuat ibu pada masa kehamilan merasa tidak nyaman. Itu disebabkan oleh perubahan hormon. Tapi, hamil adalah momen yang membahagiakan. Ketika di dalam perut ada kehidupan yang akan Anda jaga hingga waktu melahirkan.

Cobalah mencintai dengan sepenuh hati janin yang Anda dalam perut dan menikmati setiap perubahannya. Nantikan waktu ketika mendengar tangis pertamanya.

Baju hamil, tidak perlu terburu-buru

Hamil akan memberikan perubahan yang signifikan terhadap berat badan dan bentuk tubuh. Tenang, Anda tidak perlu terburu-buru untuk memutuskan membeli dan memakai baju hamil.

Anda tetap bisa tampil gaya selama hamil dengan baju yang tidak musti dirancang khusus untuk ibu hamil. Pilihlah baju yang longgar. Pastikan baju yang dipakai nyaman dan tidak membuat sesak. Sesuaikan dengan bentuk perut. Berikut 6 tip memilih membeli baju saat hamil seperti dilansir Pregnancy bisa dipraktikkan.

Lupakan diet setelah melahirkan

Setelah melahirkan, tidak perlu langsung mencari tahu tentang program diet pasca-melahirkan. Karena secara natural tubuh akan kembali normal. Menyusui bisa menjadi diet alami untuk mengembalikan bentuk tubuh kembali normal. Atau mengatur asupan makanan dan melakukan olahraga ringan, misal berjalan kaki.

Berbeda proses persalinan

Jangan membandingkan proses persalinan yang dijalani dengan ibu hamil lainnya. Sebab, setiap kondisi kehamilan berbeda-beda. Persalinan melalui proses alami atau operasi caesar, tentu ada dampaknya masing-masing.

Saran, ikuti saran dokter perihal proses persalinan yang akan dihadapi. Penting untuk Anda mempersiapkan mental untuk menyambut kehadiran bayi dan perubahan aktivitas setelah bayi lahir.

Lebih emosi setelah melahirkan

Selama hamil perubahan emosi akan terjadi. Anda lebih mudah berganti emosi akibat perubahan hormon. Seperti, mudah menangis. Menariknya, setelah melahirkan Anda masih akan mengalami perubahan emosi yang naik turun.

Perubahan aktivitas sebagai ibu baru di hari pertama hingga satu bulan pertama membuat Anda mengalami fluktuasi emosi pasca-melahirkan, yang dikenal dengan istilah baby blues. Jika dibiarkan, akan menyebabkan depresi pada ibu setelah melahirkan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR